Serangan Houthi, Kapal AS dan Israel Diserang di Teluk Aden dan Samudera Hindia -->

Iklan Atas

Serangan Houthi, Kapal AS dan Israel Diserang di Teluk Aden dan Samudera Hindia

Kamis, 25 April 2024

ilustrasi



Dubai - Dalam serangan terbaru, kelompok Houthi Yaman meluncurkan serangan terhadap tiga kapal di Teluk Aden dan Samudera Hindia pada Rabu (24/4/2024). Dua kapal AS, termasuk kapal dagang Maersk Yorktown, menjadi sasaran rudal dan drone di Teluk Aden, sementara kapal dagang Israel, MSC Veracruz, diserang di Samudera Hindia.


Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, mengonfirmasi serangan tersebut, dengan Komando Pusat Amerika Serikat (Centcom) menyatakan bahwa rudal balistik anti-kapal (ASBM) yang diluncurkan dari Yaman berhasil dihancurkan sebelum mencapai sasaran di Teluk Aden.


Meskipun serangan tersebut tidak menimbulkan korban atau kerusakan pada kapal AS dan koalisi, ancaman dari rudal dan drone terus menjadi kekhawatiran.


Di tempat terpisah, perusahaan keamanan maritim Ambrey dari Inggris mencatat insiden serangan di sekitar Kota Aden, Yaman, dengan kapal yang melaporkan ledakan di perairan timur-tenggara Djibouti.


Serangan terhadap kapal Israel oleh Houthi telah menjadi bagian dari dinamika konflik sejak November 2023, sebagai tindakan solidaritas terhadap sebagian warga Yaman. Namun, serangan ini juga melibatkan kapal perang AS dan Inggris sebagai respons terhadap tindakan militer mereka di wilayah Yaman.(des)