Siap-siap! Jalur Tol Solo-Jogja Akan Beroperasi Saat Arus Balik Lebaran -->

Iklan Atas

Siap-siap! Jalur Tol Solo-Jogja Akan Beroperasi Saat Arus Balik Lebaran

Selasa, 02 April 2024

Jalan Tol Solo-Jogja


Solo - Rencananya, jalur tol Solo-Jogja akan segera dibuka secara fungsional untuk memfasilitasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 mulai tanggal 5 April hingga 15 April 2024.


Pembukaan jalur tol Solo-Jogja ini bertujuan untuk merangsang kelancaran arus mudik dan balik saat perayaan Lebaran 2024.


Menurut Direktur Utama Jasa Marga Solo-Jogja, Rudy Hardiansyah, penggunaan jalur fungsional Jalan Tol Solo-Jogja hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan 1, seperti mobil pribadi. "Kami menyarankan kendaraan golongan 1, yaitu kendaraan penumpang. Di pos GT Colomadu akan ada pengecekan untuk memastikan kendaraan mana yang diizinkan masuk ke jalur tol fungsional. Kami tidak merekomendasikan kendaraan besar untuk menggunakan jalur ini," ujarnya di Karanganyar, Selasa (2/4/2024).


Dia menjelaskan bahwa jalur tol ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Rudy juga memperkirakan bahwa dengan dibukanya jalur tol Solo-Jogja ini, waktu tempuh dari Kartasura ke Klaten hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit.


“Para pemudik dapat menggunakan jalur tol sepanjang 22 kilometer ini dari GT Ngasem hingga ke Klaten tanpa dipungut biaya," tambahnya.


Rudy menambahkan bahwa ruas tol yang akan digunakan adalah bagian dari konstruksi tahap satu. Jalur tol fungsional ini telah digunakan sejak Lebaran tahun lalu hingga libur panjang Natal dan Tahun Baru, dengan panjang sekitar 13 km.(BY)