Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Tanah Datar -->

Iklan Atas

Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Tanah Datar

Jumat, 19 April 2024

Kondisi jalan Provinsi di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar 


Tanah datar – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp137 miliar pada tahun 2024 untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan provinsi yang rusak di Kabupaten Tanah Datar.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi, menyampaikan bahwa Gubernur Sumbar, Mahyeldi, telah menerima laporan terkait kondisi jalan rusak di Kabupaten Tanah Datar dan telah melakukan kunjungan langsung ke beberapa lokasi.


Setelah melakukan tinjauan, Gubernur meminta untuk segera mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut.


Anggaran sebesar Rp137 miliar akan digunakan untuk memperbaiki beberapa ruas jalan provinsi yang rusak di Kabupaten Tanah Datar.


Medi menjelaskan bahwa jalan yang akan diperbaiki di antaranya adalah Jalan Ombilin-Batusangkar dengan dana sekitar Rp20 miliar. Pekerjaannya sedang berlangsung.


Ruas jalan Sawahlunto-Pagaruyung akan diperbaiki dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp1,5 miliar.


Selain itu, perbaikan ruas jalan Halaban-Lintau-Sitangkai dengan anggaran sekitar Rp98 miliar akan dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar. Saat ini, proyek tersebut telah memasuki tahap tender.


Ruas jalan Baso-Piladang-Batusangkar akan diperbaiki dengan dana sisa tender Inpres Jalan Daerah (IJD) Piladang sebesar Rp6 miliar, dan tambahan anggaran akan dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2024.


Pada tahun ini, Pemprov Sumbar juga memberikan bantuan sebesar Rp17,5 miliar untuk memperkuat infrastruktur di Kabupaten Tanah Datar melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Harapannya, dana ini dapat dimanfaatkan secara optimal sebelum Agustus tahun ini.


Untuk mengatasi kemacetan di sekitar pasar Koto Baru, Pemprov Sumbar dan Pemkab Tanah Datar berencana meningkatkan kualitas jalan alternatif Lubuak Mato Kuciang-Pandai Sikek pada tahun 2025 mendatang.(des)