Sumbar Optimalkan Peran Diaspora Minangkabau untuk Pembangunan -->

Iklan Atas

Sumbar Optimalkan Peran Diaspora Minangkabau untuk Pembangunan

Rabu, 17 April 2024

 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. 


Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus menggalang sinergi dengan diaspora Minangkabau di berbagai penjuru dunia guna mempercepat kemajuan Ranah Minang.


"Gelombang perantau Minangkabau memberi dorongan positif yang signifikan bagi Sumbar. Ini tercermin dalam peningkatan gini rasio daerah, yang kini menduduki peringkat tiga terbaik di Indonesia," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi, pada Selasa (16/4/2024).


Pemerintah daerah telah membentuk tim khusus untuk menjembatani investasi dengan negara-negara di mana diaspora Minangkabau berada, sebagai upaya memaksimalkan kontribusi mereka.


Meski demikian, Mahyeldi menekankan pentingnya kembali ke akar budaya bagi perantau Minangkabau. "Kebijakan gerakan kembali ke nagari merupakan langkah tepat, karena hubungan emosional dengan nagari jauh lebih kuat," tambahnya.


Dengan potensi besar diaspora Minangkabau, Pemprov Sumbar bertekad untuk terus memanfaatkannya dalam membangun dan memajukan Ranah Minang.


"Saya mengajak perantau untuk tetap menjaga hubungan baik dengan daerah asal serta berperan aktif dalam pembangunan," pungkasnya.(des)