Tanah Datar Meraih Penghargaan Kabupaten Terbaik I PPD 2024 Tingkat Provinsi Sumbar -->

Iklan Atas

Tanah Datar Meraih Penghargaan Kabupaten Terbaik I PPD 2024 Tingkat Provinsi Sumbar

Kamis, 18 April 2024

Sekda Tanah Datar beserta jajaran menerima penghargaan Kabupaten terbaik I PPD tahun 2024 tingkat Provinsi Sumbar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali meraih penghargaan kabupaten terbaik pertama pada penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana yang mewakili Bupati Tanah Datar, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) terintegrasi Provinsi Sumbar, di Padang, Kamis (18/4/24).


Sekda Iqbal mengatakan, capaian penghargaan PPD tingkat provinsi tersebut, tidak lepas dari dukungan semua pihak yang telah mendukung setiap program pemerintah daerah. "Alhamdulillah Kabupaten Tanah Datar kembali menjadi terbaik satu pada penilaian PPD tahun 2024 tingkat Provinsi Sumbar," katanya.


Sekda katakan lagi, pada penilaian PPD tahun ini, Pemkab Tanah Datar mengangkat inovasi Satu Nagari Satu Event, yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Tanah Datar, yang dapat memberikan multyplier effect dan kesejahteraan masyarakat, baik itu dalam bentuk pelestarian adat dan budaya, kuliner, destinasi wisata, hingga peningkatan ekonomi.


"Dengan digelarnya Satu Nagari Satu Event akan tergalinya potensi yang ada di nagari, baik budaya, adat sekaligus untuk melestarikannya, termasuk juga kuliner, UMKM dan objek wisata yang ada di nagari itu," tukas Iqbal.


Selain itu kata Sekda, pada Musrembang terintegrasi Provinsi Sumbar tersebut, Pemkab Tanah Datar juga menerima penghargaan sebagai Kabupaten yang telah mencapai angka kemiskinan ekstrim 0 persen tahun 2023 dari Gubernur Sumbar.


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, yang telah bekerja di lapangan dalam menjalankan program unggulan Satu Nagari Satu Event. "Semoga penghargaan penilaian PPD ini tidak hanya terbaik di Provinsi saja, tapi juga terbaik di tingkat nasional," ujarnya.


Bupati tambahkan, pada penilaian PPD tahun lalu Pemkab Tanah Datar juga menjadi kabupaten terbaik satu di Provinsi Sumbar, dengan mengangkat inovasi Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis).


"Dari capaian tersebut Kabupaten Tanah Datar menerima dana Bantuan Keuangan bersifat Khusus (BKK) senilai Rp17 Miliar dari Pemerintah Provinsi Sumbar di anggaran 2024," pungkasnya. (F12)