"Temuan Rambut Harimau Jawa di Jawa Barat Membuka Spekulasi Keberadaan -->

Iklan Atas

"Temuan Rambut Harimau Jawa di Jawa Barat Membuka Spekulasi Keberadaan

Rabu, 03 April 2024

 

Jejak Harimau Jawa ditemukan


Bandung - Analisis terbaru terhadap DNA menunjukkan bahwa Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica), yang sebelumnya dianggap punah, mungkin masih ada di alam liar. Temuan ini didasarkan pada penemuan rambut Harimau Jawa di hutan pedalaman Jawa Barat.


Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) telah masuk dalam kategori Punah dalam Daftar Merah IUCN sejak tahun 2008. Namun, pada tahun 2019, penduduk setempat melaporkan penemuan jejak Harimau Jawa di hutan Sukabumi Selatan, Jawa Barat, beserta rambut yang berhasil dikumpulkan.


Hasil analisis rambut menunjukkan bahwa rambut tersebut berasal dari Harimau Jawa, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keberadaannya.


Penelitian tersebut memicu spekulasi bahwa Harimau Jawa masih bertahan di alam liar. Kementerian yang bertanggung jawab atas konservasi lingkungan mengkonfirmasi kesiapannya untuk merespons potensi keberadaan Harimau Jawa dengan melakukan pemantauan kamera dan pemindaian DNA, serta mengajak pakar genetika untuk membantu identifikasi.


Harimau Jawa, sebagai hewan asli Indonesia, kini diperkirakan telah punah karena perburuan dan kerusakan habitat. Namun, temuan ini menyoroti pentingnya pelestarian dan perlindungan spesies yang terancam punah.(des)