Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Membahas LKPj Walikota, Realisasi APBD TA 2023 Capai Rp2,31 Triliun -->

Iklan Atas

Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Membahas LKPj Walikota, Realisasi APBD TA 2023 Capai Rp2,31 Triliun

Selasa, 30 April 2024
.


Padang, fajarsumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang mengadakan rapat Paripurna yang membahas Penyampaian Resmi oleh Wali Kota Padang tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) pelaksanaan APBD Tahun 2023, Selasa (30/4/2024).


Acara tersebut digelar di Ruang Sidang Utama Lantai II Gedung Baru DPRD Kota Padang Jalan Bagindo Aziz Chan No. 1 Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.


Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani yang didampingi oleh Wakil Ketua, Arnedi Yarmen, Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar, serta anggota DPRD Kota Padang lainnya.


.


Syafrial Kani menyatakan bahwa Pemerintah Kota Padang secara resmi menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023 sesuai dengan Undang-Undang nomor 17 Tahun 2023 tentang Keuangan Negara. Laporan keuangan tersebut telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan.


Rapat paripurna DPRD Kota Padang ini menjadi momentum penting untuk mengevaluasi dan mengawasi pengelolaan keuangan daerah serta menilai kinerja pemerintah dalam pelaksanaan APBD tahun sebelumnya.


Menurut Syafrial Kani, rapat paripurna ini bukan hanya sekadar forum untuk menyampaikan laporan, tetapi juga sebagai wahana untuk meningkatkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam mengawasi dan mengontrol penggunaan dana publik demi tercapainya pembangunan yang berkelanjutan dan berkualitas bagi Kota Padang.


.


Sementara itu, Wakil Walikota H. Ekos Albar, yang mewakili Wali Kota Padang, menjelaskan bahwa setiap pengelola keuangan daerah wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan sesuai dengan Undang-Undang tersebut. Laporan tersebut mencakup berbagai aspek seperti realisasi anggaran, operasional, perubahan ekuitas, dan lain-lain.


Ekos Albar juga memaparkan realisasi pendapatan Pemerintah Kota Padang untuk tahun anggaran 2023, mencapai 95,01% dari target. Realisasi APBD TA 2023 dari target sebesar Rp2,43 triliun terealisasi sebesar Rp2,31 triliun atau 95,01 persen. Komposisi pendapatan, termasuk pendapatan asli daerah (PAD) dan pendapatan transfer.


Rapat paripurna itu tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, unsur Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang, serta undangan lainnya.


Dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban, Sekretaris Daerah Kota Padang, DR. H. Andree Harmadi Algamar, S.STP., MSi., M.Han., turut memberikan penjelasan mendalam mengenai capaian dan kinerja Pemerintah Kota Padang dalam mengelola keuangan pada tahun anggaran 2023.


.


Pada paripurna itu mengungkapkan berbagai sudut pandang dari anggota DPRD Kota Padang terkait efektivitas penggunaan anggaran, pencapaian target pendapatan, dan pemanfaatan dana yang telah dialokasikan.


Selain itu, kehadiran unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) serta para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang menjadi bukti keseriusan dalam menjalankan proses akuntabilitas dan transparansi pemerintahan.


Setelah mendengarkan penyampaian laporan dan berbagai tanggapan serta masukan dari anggota DPRD dan pihak terkait lainnya, rapat paripurna tersebut ditutup dengan komitmen untuk terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala guna memastikan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.(adv)