TRC BPBD Terima Pujian Wali Kota Payakumbuh -->

Iklan Atas

TRC BPBD Terima Pujian Wali Kota Payakumbuh

Jumat, 26 April 2024
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com- "Selama ini, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kota Payakumbuh, sangat giat dalam penanggulangan bencana. Tidak peduli hujan, panas, masa libur. Bajkan meninggalkan keluarga demi pelaksanaan tugas kemanusiaan. Giat melakukan evakuasi, menindaklanjuti laporan masyarakat melalui kelurahan, secara cepat. Sehingga, dampak bencana bisa diminimalisir dan tidak meluas.
Pemko Payakumbuh Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional.


Ungkapan bangga tersebut disampaikan Pj Wali Kota Payakumbuh melalui Sekdako Rida Ananda, Jumat (26/04/2024) pagi dalam momen Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan di halaman kantor BPBD  Padang Kaduduak  kecamatan Payakumbuh Utara.


Selain dihadiri keluarga besar BPBD, tim relawan kemanusiaan, PMI, RAPI serta OPD terkait, apel ini ikut dihadiri Kabag protokoler, Wira Kurniawan yang hadir bersama sejumlah pejabat opd terkait.


Dikatakan Sekdako dalam amanat apelnya, bahwa momen hari kesiapsiagaan bencana nasional harus membawa dampak kesadaran akan peningkatan kewaspadaan akan bencana oleh BPBD secara khusus, dan masyarakat Payakumbuh secara umum.


"Bagaimana kita semua warga siap dan  waspada terhadap bencana. Walaupun tingkat kebencanaan Kota Payakumbuh rendah, tapi kita mesti selalu siap. Karena Bencana itu bisa datang kapan saja. Untuk itu, Kita harus bersiap. Dalam catatan kita. Payakumbuh jarang bencana. Paling banjir di sejumlah titik terendah. Pohon Tumbang dan longsor di daerah rawan, yang akan kita tanami tumbuhan penghijauan,"sebut Rida.


"Kita mestu perbanyak bersyukur, Payakumbuh masih dilindungi oleh Allah SWT dari bencana. Dari itu, atascnama pimpinan, kami mengucapkan terima kasih kepada BPBD dan tim reaksi cepat, yang sudah tanggap, menanggapi laporan bencana. Terlihat dalam WAG TRC. Dan kita juga bangga, TRC kita sudah diakui di tingkat sumbar. Ini harus ditingkatkan, ini adalah pujian untuk jadi cambuk. Pujian adalah tantangan untuk peningkatan kinerja. Tapi kami yakin kita bisa, karena TRC kita sudah tersertifikasi. Selain itu, kita juga aktif meringankan bencana dan dampaknya terhadap daerah tetangga, ini juga perlu kita tingkatkan. Tetap semangat dan jaga solidaritas,"pesan Rida Ananda diamini Kalaksa BPBD, Erizon melalui Sekretarisnya Hermanto dan sejumlah pejabat BPBD.

Apel Kesiapsiagaan Bencana dipimpin, H. Syafrizal tersebut, pegawai BPBD Kota Payakumbuh mengikrarkan Mars Tangguh bencana secara bersama-sama.


Kesempatan itu, Rida Ananda dan para undangan ikut menyaksikan perasaan Simulasi penanganan dan evakuasi korban bencana gempa  yang berada di gedung bertingkat. Rida Ananda menyaksikan langsung kecakapan TRC dalam melakukan penyelamatan vertical rescue.


Rida Ananda juga meninjau langsung sarana prasarana BPBD. Meninjau kondisi peralatan, tenda posko utama, tenda dinas sosial, kondisi ambulans dan obat- obatnya, mobil operasional BPBD, dapur umum, tenda evakuasi, tandu, pelbed, handitalky, serta kursi roda.(ul)