Warga Gorokan Dana Swadaya Cor Rabat Ruas Jalan Lambah Kudu-Tigo Jerong, Ini Kata Walinagari Kudu Gantiang Barat -->

Iklan Atas

Warga Gorokan Dana Swadaya Cor Rabat Ruas Jalan Lambah Kudu-Tigo Jerong, Ini Kata Walinagari Kudu Gantiang Barat

Senin, 22 April 2024
Giat gotong royong dengan swadaya warga masyarakat Nagari Kudu Gantiang Barat, V Koto Timur, Padang Pariaman dengan mencor rabat jalan Lambah Kudu Tigo Jerong, Minggu 21 April 2024 (foto.doc.msy)


Padang Pariaman - Warga masyarakat Korong Tigo Jerong Nagari Kudu Gantiang Barat, Kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman, giat gotong royong (goro) pada ruas jalan Balai Kudu - Tigo Jerong, Minggu (21/4/2024).


Kegiatan goro dengan dana swadaya mencor rabat yang telah banyak berlubang menganga itu. Karena, telah mengkhawatirkan buat pengendara yang mau dilewati warga masyarakat di sana


"Sebab, ruas jalan ini, sangat vital dan penting buat masyarakat yang akan pergi ke Balai Kudu, maupun warga masyarakat untuk berurusan ke Kantor Camat V Koto Timur" kata Wali Nagari Kudu Gantiang Barat Muhammad Sayuti Tuangku Bagindo yang dihubungi awak media fajarsumbar.com, Senin (22/4/2024).


Ia mengakui ruas jalan Balai Kudu - Tigo Jerong, memang sudah lama di aspal. Tetapi, ada beberapa titik lokasi telah banyak yang berlobang dan hancur. Seperti jelang pendakian Lambah maupun di lokasi pendakian Lambah itu sendiri.


Solusi terbaik terlebih dahulu, terang Wali Nagari itu, dengan cor rabat untuk perbaikan yang telah menghabiskan sekitar 50 Zak semen dengan sekian puluh kubik koral pasir. Itupun dana dihimpun melalui "badoncek" secara spontan dari warga masyarakat ranah dan rantau.


"Kegiatan goro tersebut berkat dukungan dan support yang dikoordinir langsung dari Ninik Mamak Z.Dt.Bandaro Basa bersama Ketua LPM Kudu Gantiang Barat Dasri. Sehingga jalan ini telah bisa dan lancar untuk di lewati kendaraan oleh masyarakat" ungkap M.Sayuti didampingi Ketua Bamus Dasril, S.Hi itu.


Ia pun mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat ranah dan rantau, pemuda serta urang sumando yang telah memberikan sumbangan tenaga, semen dan dana demi perbaikan jalan dengan coran rabat tersebut.


"Alhamdulilah wasyukurillah kepada Allaah kita berdo'a, semoga Allah memberikan ridho dan kasih sayangNya kepada kita semua, serta menjadi amal ibadah buat warga kami yang telah memberikan bantuan sumbangan untuk perbaikan jalan di nagari kito. Aamiin. Ini semua berkat kebersamaan kita saling bahu membahu membangun kampuang" ucap Wali Nagari M Sayuti terharu.


Disamping itu, ia menambahkan, kami atas nama warga masyarakat Nagari Kudu Gantiang meminta kepada Pemdakab Padang Pariaman, kiranya bisa memperbaiki dan mengaspal hotmix ruas jalan Simpang Kampuang Pauh - Talau.


"Sebab, pada beberapa titik lokasi telah hancur aspalnya. Bahkan, ada yang membentuk danau kecil di tengah-tengah jalan. Juga banyak yang rusak, akibat tertimbun tanah longsor yang terjadi beberapa bulan lalu. Yo terisolasi bana nugaghi kami ko nyo" keluh Walinagari M.Sayuti dengan suara serak. (saco).