17 Delegasi IMLF 2 Saksikan Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Nagari Labuah -->

Iklan Atas

17 Delegasi IMLF 2 Saksikan Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Nagari Labuah

Sabtu, 11 Mei 2024

Delegasi 17 negara peserta seminar IMLF 2 hadir menyaksikan Alek Nagari Pacu Jawi, di Nagari Labuah Lima Kaum

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Hari kedua pelaksanaan Seminar International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) 2 di Kabupaten Tanah Datar, rombongan delegasi dari 17 negara menyaksikan Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Sawah Diujuang, Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (11/5/2024).


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Riswandi yang mewakili Bupati Tanah Datar mengatakan, Alek Pacu Jawi di Nagari Labuah merupakan event Pacu Jawi ketiga yang dilaksanakan pada pada tahun ini. "Kegiatan Pacu Jawi ini merupakan kegiatan budaya turun temurun, yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat," katanya.


Saat ini, event Pacu Jawi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan manca negara maupun domestik untuk datang ke Tanah Datar. "Karena event Pacu Jawi ini hanya dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar di empat kecamatan saja," ujar Riswandi.


Lebih lanjut sampai Riswandi, Pacu Jawi mengandung banyak makna, salah satunya menyiapkan masyarakat untuk berjalan lurus, serta mampu bekerja sama tanpa bersinggungan dengan masyarakat lainnya. Pacu Jawi juga merupakan wadah dalam meningkatkan hubungan silaturahmi dan menciptakan karakter masyarakat yang sehat, serta memiliki semangat juang yang tinggi.


"Tentunya Pacu Jawi adalah event untuk memperkenalkan adat dan budaya, serta juga meningkatkan nilai jual pada sapi itu sendiri," tukasnya.


Kadis Parpora berharap, kepada delegasi 17 negara selama berada di Tanah Datar dapat menyaksikan berbagai event dan budaya, dan bisa menambah literasi bagi peserta Seminar IMLF 2.


"Semoga acar ini berjalan dengan lancar, kemudian para delegasi memperoleh kenangan yang luar biasa, sehingga bisa dipromosikan terkait Tanah Datar, khususnya tentang Pacu Jawi ke kancah internasional," pungkasnya.


Sementara itu, salah seorang delegasi peserta IMLF dari India, dr. Reshma Ramesh menyampaikan, ini kedua kalinya saya datang ke Sumatera Barat. "Tanah Datar itu sangat indah dan Saya menyukainya, karena masyarakatnya juga ramah-ramah," sebutnya.


"Aku suka disini dimana kita turun ke sawah (lokasi Pacu Jawi). Dan hari ini kita hadir untuk makan makanan tradisional di sawah dan juga melihat Pacu Jawi, ini sangat menarik dan menurut saya budaya ini membuat masyarakat berkumpul bersama-sama, ini benar-benar unik. Pacu Jawi ini sangat indah dan orang-orang disini juga ramah," kesannya. (F12)