Biaya Pengisian Daya Mobil Listrik Wuling Air EV, Hemat dan Ramah Lingkungan -->

Iklan Atas

Biaya Pengisian Daya Mobil Listrik Wuling Air EV, Hemat dan Ramah Lingkungan

Kamis, 30 Mei 2024

Berapa biaya charge mobil listrik Wuling Air EV? 


Jakarta - Pengisian daya mobil listrik bisa dilakukan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau melalui home charging yang disediakan oleh produsen, sehingga pemilik kendaraan bisa mengisi daya di rumah.


Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengisi daya mobil listrik, khususnya Wuling Air EV?


Berdasarkan informasi yang diperoleh, biaya pengisian daya mobil listrik cukup terjangkau. Beberapa tempat pengisian daya bahkan menyediakan listrik gratis. Umumnya, biaya pengisian daya mobil listrik berkisar antara Rp1.650 per kWh hingga Rp2.466 per kWh.


Jika kita menggunakan harga termurah dan mengalikan dengan kapasitas baterai mobil yang misalnya 75 kWh, maka biaya pengisian mobil adalah sekitar Rp123.750.


Perlu diketahui, 1 kWh dapat digunakan untuk menempuh jarak sekitar 5,1 km, sehingga dengan sekali pengisian, Anda bisa menempuh jarak hingga 112,5 km.


Biaya pengisian di rumah berbeda lagi. Biaya ini disesuaikan dengan tarif per kWh listrik rumah Anda. Faktor lain yang mempengaruhi adalah besar arus maksimal charger, lama waktu pengisian, dan tegangan listrik. Di DKI Jakarta, harga per kWh listrik rumah biasanya sekitar Rp1.444.


Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki mobil listrik, banyak orang tertarik untuk memilikinya. Mobil listrik tidak hanya hemat biaya, tetapi juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang.(BY)