Biaya Pengisian Mobil Listrik, Hemat dan Efisien -->

Iklan Atas

Biaya Pengisian Mobil Listrik, Hemat dan Efisien

Kamis, 30 Mei 2024

 

Berapa biaya charge mobil listrik Wuling Air EV?.


Jakarta - Pengisian daya mobil listrik dapat dilakukan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau melalui fasilitas home charging yang disediakan oleh produsen. Namun, berapa biaya pengisian mobil listrik, khususnya untuk Wuling Air EV?


Berdasarkan informasi yang dikumpulkan pada Rabu (29/52024), biaya pengisian mobil listrik cenderung hemat karena beberapa tempat pengisian daya mobil listrik menawarkan listrik gratis. Secara umum, biaya pengisian daya mobil listrik berkisar antara Rp1.650 hingga Rp2.466 per kWh.


Jika kita mengambil harga terendah dan mengalikannya dengan kapasitas baterai mobil, misalnya 75 kWh, maka biaya pengisian mobil tersebut adalah sekitar Rp123.750.


Harap dicatat bahwa 1 kWh listrik dapat menempuh jarak hingga 5,1 km, sehingga dengan sekali pengisian, Anda dapat menempuh jarak sekitar 112,5 km.


Sementara itu, biaya pengisian di rumah akan bervariasi tergantung pada harga per kWh listrik rumah Anda. Selain itu, besar arus maksimal charger, lama pengisian mobil, dan tegangan listrik juga memengaruhi biaya pengisian. Di DKI Jakarta, harga per kWh biasanya sekitar Rp1.444.


Melihat banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh mobil listrik, tentu saja banyak yang tertarik untuk memilikinya. Selain hemat, mobil listrik juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas emisi saat digunakan, sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern. (des)