Blok Rokan Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 -->

Iklan Atas

Blok Rokan Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Kamis, 30 Mei 2024

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan keterangan pers kepada awak media nasional saat acara konferensi Pers Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Dumai, Riau


Dumai - Pertamina mengungkapkan rasa bangga bahwa Wilayah Kerja Rokan telah dipilih sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Lahir Pancasila (Harlah) 2024. Upacara tersebut akan digelar di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan di Dumai pada Sabtu, 1 Juni 2024, dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.


Blok Rokan dipilih oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai lokasi acara puncak karena simbol ketahanan energi Indonesia. Diharapkan, pemilihan ini akan meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan, dan persatuan bangsa. Upacara ini menjadi momen penting untuk mengenang nilai-nilai luhur Pancasila yang telah menjadi dasar negara Indonesia.


PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Dumai untuk menyukseskan upacara tersebut. "Kami merasa terhormat dan bangga dipercaya menjadi tuan rumah Hari Lahir Pancasila. Mari kita sukseskan momen bersejarah ini sebagai cerminan persatuan dan kesatuan bangsa," ujar VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.


Menurut Fadjar, upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan merupakan momen penting untuk mengenang nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar bagi bangsa Indonesia. Sebagai tulang punggung energi nasional, PHR dan seluruh Pertamina Group menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan operasi yang andal dan aman demi ketahanan energi nasional.


"Pancasila telah menjadi landasan perusahaan dalam menjalankan usaha dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara," lanjutnya.


Kesuksesan acara ini mencerminkan sinergi dan kolaborasi antara BUMN, Pemerintah Pusat, dan Daerah dalam menyelenggarakan event nasional. Sepanjang tahun 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menjadi penghasil minyak dan gas terbesar di Indonesia dengan produksi 167.270 barel setara minyak per hari (BOEPD).


Sejak alih kelola pada tahun 2021, PT PHR berhasil meningkatkan produksi migas. PHR juga telah melakukan pembayaran dana Participating Interest (PI) sebesar 10% dengan total nilai Rp3,5 triliun kepada PT Riau Petroleum Rokan (RPR), BUMD yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk mengelola dana PI guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau.


PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi, berada di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018, dan pada 9 Agustus 2021, Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan. Pertamina menugaskan PHR untuk proses alih kelola dari operator sebelumnya.


Proses transisi berjalan dengan aman, lancar, dan andal. PHR akan mengelola WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041. Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km² berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul. WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi Pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas untuk negara, PHR juga menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, dan lingkungan.(BY)