Bukan Karena Kartu Kuning, Justin Hubner Tetap Siap Berlaga Melawan Irak U-23 -->

Iklan Atas

Bukan Karena Kartu Kuning, Justin Hubner Tetap Siap Berlaga Melawan Irak U-23

Kamis, 02 Mei 2024

AFC sebut Justin Hubner absen di laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Irak U-23 di perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.


Fajarsumbar.id - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengabarkan bahwa Justin Hubner tidak akan tampil dalam pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Irak U-23 dalam perebutan posisi tiga Piala Asia U-23 2024. Informasi ini disampaikan AFC dalam artikel yang diberi judul: 'Pratinjau - Perebutan Posisi Ketiga: Irak vs Indonesia'.


Di akhir artikel tersebut, disebutkan bahwa Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, akan menghadapi kesulitan karena dua bek andalannya, Rizky Ridho dan Justin Hubner, tidak dapat bermain karena akumulasi kartu.


"Shin Tae-yong dihadapkan pada ketidaktersediaan bek tengah Rizky Ridho dan Justin Hubner, yang merupakan pemain kunci di antara tiga pemain belakang mereka," tulis AFC.


Namun, apakah benar Justin Hubner absen karena akumulasi kartu? Bek berusia 20 tahun ini memperoleh kartu kuning saat Timnas Indonesia U-23 menang 4-1 melawan Yordania U-23 pada pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024.


Namun, kartu kuning yang diterima Justin Hubner telah dicabut sebelum pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Uzbekistan U-23. Menurut Pasal 54.1.3 dari regulasi kompetisi Piala Asia U-23 2024, kartu kuning yang diterima sebelum semifinal akan dihapuskan.


Ketika bermain dalam babak semifinal melawan Uzbekistan U-23, Justin Hubner tidak memiliki kartu kuning. Meskipun ia mendapat kartu kuning dalam pertandingan tersebut, namun bek berkebangsaan Belanda ini hanya memiliki satu kartu kuning, sehingga tidak akan mendapat sanksi akumulasi kartu.


Sanksi akumulasi kartu hanya diberlakukan bagi pemain yang mendapat dua kartu kuning atau satu kartu merah. Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, juga telah mengonfirmasi bahwa Justin Hubner dapat bermain melawan Timnas Irak U-23.


"Dia bisa bermain," kata Nova Arianto, Kamis (1/5/2024).


Dalam formasi 3-4-3 buatan Shin Tae-yong, Justin Hubner akan bermain bersama Muhammad Ferarri dan Komang Teguh. Harapannya adalah bahwa trio ini dapat membantu Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan atas Timnas Irak U-23 malam ini dan sekaligus memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024.


Jika kalah dari Timnas Irak U-23, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki kesempatan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tiket ke Olimpiade Paris 2024 akan diperoleh jika berhasil mengalahkan Timnas Guinea U-23 dalam babak playoff yang akan berlangsung di Kyoto, Jepang, pada Kamis, 9 Mei 2024.(BY)