BYD, Pesaing Tesla, Incar Pasar Motor Listrik dengan Langkah Strategis -->

Iklan Atas

BYD, Pesaing Tesla, Incar Pasar Motor Listrik dengan Langkah Strategis

Sabtu, 11 Mei 2024

BYD bantah bakal rambah pasar motor listrik. 


Jakarta - BYD, raksasa otomotif asal China, berhasil memasarkan mobil listriknya ke berbagai negara di seluruh dunia. Bahkan, pada tahun 2023, mereka berhasil mengungguli Tesla sebagai produsen mobil listrik terlaris.


Kabar terbaru menyebutkan bahwa BYD berencana untuk merambah industri sepeda motor listrik yang kian berkembang. Kabar ini muncul setelah beredar video di media sosial yang membahas keunggulan motor listrik BYD.


Namun, General Manager of the Brand and Public Relations Departement of BYD Group, Li Yunfei, membantah rumor tersebut. Menurutnya, semua informasi mengenai motor listrik BYD tidak benar.


Beberapa tahun terakhir, hanya sedikit produsen mobil yang tertarik untuk memasuki pasar sepeda motor. Namun, dengan munculnya era elektrifikasi, produsen mobil tampaknya dapat dengan mudah memproduksi motor listrik.


Meskipun mobil dan motor listrik telah mengubah dunia transportasi, namun mobil bertenaga baterai dianggap kurang memiliki daya tarik dibandingkan mobil bertenaga bensin. Hal ini membuat mobil listrik kurang populer.


Sebagai alternatif, konsumen motor listrik cenderung mencari kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan pendekatan fungsional ini, pabrikan mobil listrik seperti BYD kemungkinan akan melirik pasar motor listrik.


Langkah ini memudahkan produsen mobil listrik untuk beralih ke produksi sepeda motor. Keunggulan motor listrik juga tidak perlu khawatir tentang waktu pengisian dan jarak tempuh karena bisa menggunakan sistem tukar baterai.


BYD sendiri telah memiliki pengalaman dalam memproduksi motor listrik. Pada Juli 2023, mereka menandatangani kontrak dengan merek kendaraan roda dua dari Singapura, Scorpio Electric, untuk merakit skuter listrik pertama mereka, X1, di Shenzhen untuk pasar China.


Meskipun X1 diproduksi oleh BYD, namun baterainya bukanlah buatan mereka sendiri, melainkan dari Samsung. Namun, Scorpio Electric sedang dalam pembicaraan dengan BYD untuk menggunakan baterai buatan BYD pada produk-produk masa depan mereka.


Selain itu, pada tahun 2022, BYD juga bekerja sama dengan merek sepeda motor dari Spanyol, Nerva, untuk menyediakan baterai LFP untuk motor listrik baru mereka. Nerva Exe E-Scooter diluncurkan pada Februari 2022, dengan baterai LFP 5,76 kWh yang dapat diisi daya hingga 80 persen dalam waktu 3,5 jam.(BY)