Dikunjungi Kepala BNPB, Pj Wako Sonny Ajukan Perbaikan Jalan Lubuk Mata Kucing dan Tanjung -->

Iklan Atas

Dikunjungi Kepala BNPB, Pj Wako Sonny Ajukan Perbaikan Jalan Lubuk Mata Kucing dan Tanjung

Selasa, 14 Mei 2024

 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mendengarkan penjelasan Pj Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra tentang rusaknya sejumlah jalan, jembatan akibat banjir bandang lahar dingin yang terjadi Sabtu (11/5) malam lalu.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Pengajuan perbaikan jalan Lubuk Mata Kucing dan jembatan di Tanjung oleh Penjabat (Pj) Walikota, Sonny Budaya Putra, mendapat respon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M, Selasa (14/5). 


Perbaikan jalan di Lubuk Mata Kucing pascabanjir bandang, diperkirakan Rp8 miliar. Sedangkan jembatan Tanjung mencapai Rp2 miliar, bertambah dari estimasi sebelumnya Rp914 juta lantaran kerusakan diperparah oleh hujan deras Sabtu (11/5) malam.


Pj Wako Sonny mengutarakan permohonan perbaikan saat kunjungan Kepala BNPB yang didampingi Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah,, Forkopimda provinsi, anggota DPR RI, H. John Kenedi Aziz, M.H dan pejabat terkait lainnya. 


“Dari permohonan yang kita ajukan,  karena kondisinya cukup berat, tidak mungkin ditanggulangi dengan mengandalkan APBD. Alhamdulillah mendapat respon positif dari beliau. Beliau sudah berjanji segera membantu,” kata Sonny.


Menurut Sonny, dalam waktu dekat pihak BNPB akan melakukan verifikasi terkait usulan fisik itu. 


Ttindak lanjut jembatan Tanjung yang amblas sejak 8  April lalu, bakal dilakukan pembangunan  jembatan darurat untuk pejalan kaki. 


“Bagi yang memiliki kendaraan roda empat dan roda dua bisa memutar. Tidak direkomendasikan untuk kendaraan bermotor karena sangat berbahaya. Insyaallah sesegeranya paling lambat Sabtu depan,” sebut Sonny seraya mengatakan pembangunan jembatan darurat di Tanjung ini nantinya dibantu personel TNI dan Polri. 


Selain ke Lubuk Mata Kucing dan Jembatan Tanjung rombongan kepala BNPB juga meninjau jalan yang ambruk di Lembah Anai. 


Rombongan kemudian mengunjungi warga korban longsor di Kelurahan Silaing Bawah. Saat itu BNPB memberikan bantuan berupa 10 paket sembako dan 10 family kit. (syam)