Gempa 5,8 SR Guncang Maluku, BMKG; Tidak Timbulkan Tsunami -->

Iklan Atas

Gempa 5,8 SR Guncang Maluku, BMKG; Tidak Timbulkan Tsunami

Senin, 06 Mei 2024

BMKG menginformasikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, Senin (6/5/2024). 


Maluku - Guncangan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,8 telah dirasakan di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, pada hari Senin. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jakarta menyebutkan bahwa gempa terjadi sekitar pukul 03.37 WIB. Episenter gempa berlokasi di koordinat 3,18 lintang selatan (LS) dan 130,94 bujur timur (BT), dengan kedalaman 14 kilometer. Jarak pusat gempa dari Tanibar adalah sekitar 50 kilometer ke arah barat laut.


Meskipun gempa tersebut cukup kuat, BMKG menegaskan bahwa tidak ada ancaman terhadap gelombang tsunami. Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi, sambil tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang belum tentu kebenarannya.


Indonesia, secara geografis, terletak di sepanjang jalur Cincin Api Pasifik, yang dikenal karena aktivitas gunung berapi dan gempa bumi. Oleh karena itu, kejadian gempa di negara ini menjadi hal yang lumrah.(des)