Gubernur Apresiasi Peran UNP dalam Penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival Kedua -->

Iklan Atas

Gubernur Apresiasi Peran UNP dalam Penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival Kedua

Kamis, 30 Mei 2024

 

.

Padang, fajarsumbar.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Negeri Padang (UNP) atas penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival (MHF) untuk kedua kalinya. MHF ini, menurut Mahyeldi, merupakan wujud perhatian UNP terhadap perkembangan industri halal di Sumatera Barat.


Dalam sambutannya pada pembukaan MHF di Auditorium UNP, Kamis (30/05/2024), Mahyeldi menyebutkan bahwa UNP telah memainkan peran penting dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menjadikan daerah ini sebagai pusat industri halal di Indonesia.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada UNP atas penyelenggaraan MHF untuk kedua kalinya ini. MHF ini merupakan wujud perhatian UNP terhadap perkembangan industri halal di Sumatera Barat,” kata Mahyeldi.

UNP selain menyediakan auditorium untuk penyelenggaraan, juga melibatkan elemen kampus, seperti Halal Center UNP (LPH, LP3H), Dekanat FPP, Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) mahasiswa UNP, sehingga terselenggara berbagai kegiatan inti MHF, seperti Pengurusan Sertifikasi Halal, Olimpiade Halal, dan kegiatan edukatif seperti seminar dan talkshow.

Mahyeldi juga mengingatkan bahwa Sumatera Barat memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif untuk menjadi pusat industri halal di Indonesia. Keunggulan tersebut antara lain keberadaan sumber daya alam yang melimpah, budaya Islam yang kuat, dan sumber daya manusia yang kompeten.
Ia juga menyinggung tentang Undang-undang Nomor 17 Tahun 2022 Tentang Provinsi Sumatera Barat yang menyebutkan bahwa Sumatera Barat memiliki karakteristik sebagai daerah yang ber-ABS SBK.

“UU ini merupakan penghargaan Pemerintah Indonesia terhadap Sumatera Barat. Kita harus mengimplementasikan UU ini dengan sebaik-baiknya, termasuk melalui MHF ini” kata Mahyeldi.

Penyerahan Sertifikat Halal dan Pembukaan MHF

Pada kesempatan tersebut, diserahkan sertifikat halal kepada 10 pelaku usaha UMK hasil pendampingan self declare oleh Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UNP. Sertifikat tersebut diserahkan oleh Direktur Eksekutif KDEKS Sumatera Barat, Ketua TP PKK Sumbar Ibu Harneli Bahar, Dekan FPP UNP, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sumbar.

Pembukaan MHF ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Ketua Industri Halal Sumatera Barat, Ketua KDEKS Sumatera Barat, Dekan FPP UNP, Pengurus Halal Center UNP, Pimpinan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Prof. Irwandi Jaswir selaku Ketua Tim Percepatan Industri Halal Sumatera Barat, Bank Nagari Syariah, pimpinan dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, serta tamu undangan lainnya.(*)