Gunung Ibu Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada -->

Iklan Atas

Gunung Ibu Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

Rabu, 08 Mei 2024

Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara setinggi 2.000 meter di atas puncak pada Rabu (8/5/2024) dini hari.


Jakarta - Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), meletus pada Rabu (8/5/2024) sekitar pukul 01.58 WIT. Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi letusan mencapai 2.000 meter di atas puncak.


"Mengenai peristiwa letusan Gunung Ibu pada hari Rabu, 08 Mei 2024, sekitar pukul 01:58 WIT, tinggi kolom letusan mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak (sekitar 3.325 meter di atas permukaan laut)," kata Petugas Pos Gunung Api M Richard Chaniago, pada Rabu (8/5/2024).


Richard menjelaskan bahwa abu vulkanik teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan kepadatan yang cukup tebal terutama ke arah timur dan tenggara. Aktivitas letusan direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan berlangsung selama 127 detik.


Dia juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ibu dan para pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan kegiatan di dalam radius 2,0 km dari kawah utama dan sektoral yang diperluas hingga 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara Gunung Ibu.


“Apabila terjadi hujan abu, masyarakat yang berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker pelindung hidung dan mulut serta kacamata untuk melindungi mata," tambah Richard.


Richard juga mengajak semua pihak untuk menjaga ketenangan di masyarakat, menghindari menyebarkan informasi palsu (hoaks), dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya.


“Sangat penting bagi masyarakat untuk selalu mengikuti petunjuk dari pemerintah daerah," pungkasnya.(des)