Harga BBM 1 Juni 2024, Pertamina Masih Lakukan Peninjauan -->

Iklan Atas

Harga BBM 1 Juni 2024, Pertamina Masih Lakukan Peninjauan

Jumat, 31 Mei 2024

Harga BBM 1 Juni 2024 Naik?


Jakarta - Apakah harga BBM akan naik pada 1 Juni 2024? Pertamina telah memberikan keterangan terkait penyesuaian harga BBM yang akan berlaku mulai tanggal tersebut.


Setiap awal bulan, perusahaan penjual BBM termasuk Pertamina biasanya menyesuaikan harga BBM berdasarkan pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar dolar AS.


Apakah Pertamina akan menaikkan harga BBM pada 1 Juni 2024? Selama beberapa bulan terakhir, Pertamina telah menahan kenaikan harga BBM, sementara pesaing seperti Shell, BP AKR, dan Vivo terus menyesuaikan harga BBM setiap awal bulan.


"Saat ini belum ada arahan. Kami masih melakukan review," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting di Jakarta, Jumat (31/5/2024).


Perusahaan akan mengumumkan penyesuaian harga BBM, baik itu kenaikan atau penurunan harga, pada pukul 00.00 waktu setempat, 1 Juni 2024.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai kemungkinan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan Juni 2024.


Jokowi menekankan pentingnya mempertimbangkan kondisi fiskal negara sebelum menaikkan harga BBM. Menurutnya, perlu dilakukan perhitungan dan kalkulasi yang matang sebelum memutuskan kenaikan harga BBM.


"Jadi semuanya dilihat, fiskal negara diperhatikan. Mampu atau tidak mampu, kuat atau tidak kuat. Harga minyaknya sampai seberapa tinggi. Semuanya akan dikalkulasi dan dihitung," kata Jokowi setelah menghadiri acara Inaugurasi Menuju Ansor Masa Depan di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).


Jokowi menekankan perlunya pertimbangan yang matang untuk menaikkan harga BBM karena dampaknya yang luas pada masyarakat.


"Semua akan dilakukan lewat pertimbangan yang matang karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Bisa memengaruhi harga dan aspek lainnya jika terkait minyak," tambah Jokowi.


Pemerintah telah memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM hingga Juni 2024. Keputusan ini diambil dalam sidang paripurna kabinet pada Senin (26/2/2024).


"Diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan tarif listrik dan harga BBM hingga Juni, baik yang bersubsidi maupun yang non-subsidi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.


Adapun harga BBM saat ini adalah, Pertamax sebesar Rp12.950 per liter, Pertamax Green 95 sebesar Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo sebesar Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex sebesar Rp15.100 per liter. Harga ini berlaku untuk wilayah Jawa dengan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.


Sedangkan untuk harga BBM jenis Pertalite dan BioSolar tidak mengalami perubahan. Harga Pertalite tetap Rp10.000 per liter dan BioSolar Rp6.800 per liter.(BY)