Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Larang Jajaran Gelar Darma Wisata -->

Iklan Atas

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Larang Jajaran Gelar Darma Wisata

Kamis, 16 Mei 2024
Dasril


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Musibah longsor lahar dingin, longsor dan banjir di sejumlah titik di Sumatera Barat telah menimbulkan korban jiwa, dan harta benda. Tak tertinggal sejumlah ruas jalan nasional rusak berat  bahkan terputus, dan tak bisa dilewati.


Sumatera Barat berduka, menjadi duka nasional. Oleh karena itu, presiden Jokowi dalam waktu dekat bakal mengunjungi ranag minang. Lebih awal, Kepala Negara mengutus Kepala bnpb didampingi anggota DPR RI, John Kennedy Aziz bertolak ke Sumatera Barat bersama Kepala BMKG serta Dirjen dari Kementerian terkait. Gerak cepat, jelang ke lokasi bencana, Kepala BNPB pimpin rakor di aula Bandara Internasional Minangkabau (BIM).


Kepala BNPB pusat Letjen Suharyanto didampingi kementerian terkait dan Gubernur Sumatera Barat menetapkan masa tanggap darurat untuk penanganan bencana di sejumlah daerah dimulai tanggal 12 mei hingga 24 mei 2024 ini. Semua lini wajib turun tangan dalam penanganan bencana, termasuk percepatan pemulihan pasca bencana.


Mengingat kondisi tersebut, untuk sementara, pemerintah Kota Payakumbuh melalui kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril melarang tegas jajarannya untuk melaksanakan darma wisata untuk menutup tahun pelajaran 2023/2024, pasca pelaksanaan ujian akhir.


Bukan saja terkait musibah diatas, belum lama ini juga ada kecelakaan bus darma wisata siswa salah satu SLTA di Jawa Barat, yang menelan jiwa sejumlah siswa kelas XII.


Saat dijumpai di ruang kerjanya, Kepala Dinas pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril membenarkan bahwa Pemko Payakumbuh untuk sementara waktu melarang untuk kegiatan studi tour, khususnya di masa tanggap darurat bencana di Sumatera Barat. Pelarangan ini akan diturunkan melalui Surat Edaran Wali Kota Payakumbuh.


Sejak ditetapkannya masa tanggap darurat bencana Sumatera Barat selama 14 hari, kami telah men-stop izin atau rekomendasi darma wisata. Bahkan ada 10 hingga 15 rekomendasi, kami cabut kembali. Sementara ini tradisi Darma Wisata penutup tahun pelajaran tidak akan kita izinkan, dan tanggal 12 mei peringatan ini sudah kita sampaikan di WAG kepala sekolah se Kota Payakumbuh. 


Bukan tidak berdasar, terang Dasril. "Semua kita sudah pasti tau, terkait cobaan yang menimpa saudara kita. Bahkan kita sudah melakukan penggalangan dana untuk meringankan cobaan dan musibah itu. Tak mungkin kita ber-uforia dikala saudara kita sedang berduka. Selain itu, cuaca untuk pelaksanaan studi tur juga kurang mendukung, sedang musim hujan,"terangnya.


Dari itulah, kita sengaja buatkan resmi melalui SE Walikota Payakumbuh.  Dari SE tersebut, setidaknya ada 4 larangan. Diantaranya, melarang studi tur atau sejenisnya untuk lembaga pendidikan jajaran dinas pendidikan Kota Payakumbuh. Melarang pelaksanaan kegiatan perpisahan, di luar kota Payakumbuh. Dilarang melakukan perkemahan di bantaran sungai, pegunungan atau daerah terbuka lainnya. Dan tidak melakukan pungutan dari siswa dan orang tua untuk pelaksanaan perpisahan dan penyerahan ijazah.


"Kami harapkan jajaran kita untuk mengindahkan dan menjalankan SE ini, agar hal yang tidak kita harapkan, tidak terjadi. Sehingga kita bisa tutup tahun pelajaran 2023/2024, penuh suka cita,"tegasnya.


Pelaksanaan PPDB, FLS2N dan O2SN tingkat Kota Payakumbuh 2024

Kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan juga berpesan agar siswa yang akan melakukan pendaftaran penerimaan siswa baru secara online agar menyelenggarakan prosesnya. Karena sudah dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh belum lama ini, bersamaan dengan pencanangan Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SDN 02 Payakumbuh.


Ditegaskan Dasril, Pelaksanaan PPDB online satu pintu melalui dinas pendidikan sudah melalui kajian, sesuai dengan 8 standar pendidikan.


"Kami sudah berupaya keras supaya standar mutu sekolah di Payakumbuh penuhi 8 standar nasional pendidikan. PPDB kita gelar sesuai daya tampung dan ketersediaan rombel. PPDB kita laksanakan berpedoman pada zonasi, afirmasi, prestasi dan mutasi. Dan kita terus berupaya menutup kemungkinan backingan. Dan kita tidak menutup kemungkinan menerima dari luar zonasi. Dengan catatan, jika pada akhir jadwal PPDB semua calon siswa zonasi telah mendaftar online, namun daya tampung masih ada. Disinilah kita buka peluang. Artinya inter land kita terapkan. Karena merdeka belajar, semua warga pendidikan bisa belajar dimana mereka inginkan dan tetap sesuai regulasinya,"terang Dasril.


Terkait tupoksi yang sedang dilaksanakan di dinas pendidikan saat ini, Dasril menyebut bahwa telah dilaksanakan FLS2N, dan minggu ini sedang berlangsung O2SN tingkat kota Payakumbuh.


"Minggu lalu, kita sudah laksanakan FLS2N, melibatkan ratusan siswa di sekolah dan madrasah. SMPN 1 Payakumbuh tampil sebagai juara umum. Dan para juara akan mewakili Payakumbuh ke tingkat provinsi. Dan saat ini sedang berlangsung O2SN, dan kita juga akan utus para juara ke provinsi. InsyaAllah, hari Jumat dilepas Walikota Payakumbuh, untuk mengikuti 2 iven tersebut, akhir mei ini di tingkat provinsi,"jelas Dasril kesempatan itu. (ul)