Kesulitan Marc Marquez Mengendalikan Motor di Sirkuit Bugatti Le Mans -->

Iklan Atas

Kesulitan Marc Marquez Mengendalikan Motor di Sirkuit Bugatti Le Mans

Minggu, 12 Mei 2024

Marc Marquez mengungkap alasan terjatuh di practice MotoGP Prancis 2024


LE MANS – Marc Marquez mengungkap alasan terjatuhnya saat sesi latihan MotoGP Prancis 2024. Pembalap dari tim Gresini Racing itu mengakui kesulitan dalam mengendalikan motornya ketika melewati tikungan.


Sesi latihan tersebut diadakan di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, pada Jumat, 11 Mei 2024 malam WIB. The Baby Alien mengalami kecelakaan di tikungan ke-12 selama sesi latihan.


Sebelum jatuh, Marquez berada di peringkat kedelapan dalam catatan waktunya. Namun setelah kecelakaan, catatan waktunya tidak lagi efektif dan dia terdepak dari 10 besar sesi latihan MotoGP Prancis 2024.


Akibatnya, Marquez tidak dapat langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua (Q2) dan harus mengikuti sesi kualifikasi pertama (Q1). Pembalap asal Spanyol tersebut mengatakan bahwa dia kesulitan mengontrol motor sehingga jatuh.


“Saya menghadapi kesulitan dengan motor, tidak stabil, dan tidak bisa mempertahankan garis yang bersih,” ujar Marquez seperti dilansir dari Speedweek, Sabtu (11/5/2024).


“Ketika kecelakaan terjadi, saya kehilangan kendali dan terlalu masuk ke dalam tikungan. Dengan Ducati, Anda harus memanfaatkan semua grip yang ditawarkan oleh roda belakang, jika tidak, Anda akan kehilangan keseimbangan,” jelas pembalap berusia 31 tahun itu.


“Sekarang terserah pada kami untuk meresponsnya. Saya tidak mengantisipasi kesulitan seperti ini di Le Mans,” tambah Marquez.


Meskipun demikian, juara dunia MotoGP enam kali itu menyatakan akan belajar dari kesalahan yang telah dilakukannya. Marquez menyatakan sedang mencari cara yang tepat untuk mengatasi Sirkuit Le Mans.


“Saya belum menemukan kecepatan yang diperlukan untuk melintasi sirkuit. Saya memberikan tekanan terlalu besar. Jika waktu putaran tidak membaik, Anda harus menekan lebih kuat pada bagian yang kuat daripada memperbaiki kelemahan Anda,” tegasnya.


Tentu saja, Marquez harus bekerja keras. Karena pembalap tersebut masih mengalami kesulitan, bahkan harus memulai balapan dari posisi 13 setelah gagal dalam sesi kualifikasi.(BY)