Komisi I DPRD Sumbar Dukung Rencana Pembentukan DOB Kabupaten Agam -->

Iklan Atas

Komisi I DPRD Sumbar Dukung Rencana Pembentukan DOB Kabupaten Agam

Sabtu, 04 Mei 2024
.


Agam, fajarsumbar.com - Dalam pertemuan dengan Bupati Agam Andi Warman pada Jumat (4/5), Komisi I DPRD Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan dukungannya terhadap rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam. Ketua Komisi I, Sawal, menyambut baik proses pembentukan tersebut dan mengharapkan agar bisa dilanjutkan hingga tingkat pusat.


Menurutnya, dukungan ini muncul karena geografis Kabupaten Agam yang luas, menyebabkan kesulitan administratif bagi warga terutama yang berada di ujung Agam. Dia berharap setelah Pilkada, proses pengajuan DOB bisa terlaksana.


Anggota Komisi I, Leliarni, dan Desrio Putra, menegaskan bahwa DOB akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan pelayanan masyarakat, serta akan meningkatkan distribusi anggaran pusat. Mereka juga menekankan pentingnya koordinasi antarunsur untuk mewujudkan DOB.


Bupati Agam, Andri Warman, menyatakan bahwa pembentukan DOB merupakan langkah strategis untuk meningkatkan efektivitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Pembentukan DOB ini sudah disetujui bersama DPRD setempat melalui rapat paripurna pada Maret 2024.


Pembentukan DOB ini diusulkan karena luasnya wilayah Agam dan keragaman potensinya, serta telah mendapat dukungan dari 49 nagari di wilayah rencana pemekaran Agam.(*)