Laporan Sementara BPBD Sawahlunto dan Camat Silungkang, Satu Orang Meninggal Dunia -->

Iklan Atas

Laporan Sementara BPBD Sawahlunto dan Camat Silungkang, Satu Orang Meninggal Dunia

Sabtu, 04 Mei 2024
Proses pencarian korban longsor di Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. (foto ist) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Akibat hujan deras melanda Kota Sawahlunto sejak 3 Mei malam hingga 4 Mei 2024 dini hari, sejumlah lokasi mengalami bencana alam seperti longsor dan banjir.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto, Dedi Ardona dan Camat Silungkang Andi Eka Putra melaporkan telah terjadi bencana banjir dan longsor di wilayahnya;


1. Longsor di jalan nasional sepanjang daerah Silungkang di beberapa titik yang mengakibatkan macet total dan untuk sementara telah di tangani oleh alat dari Balai Jalan dan BPBD Kota Sawahlunto.


2. Longsor di beberapa rumah di daerah Desa Silungkang Oso dan Desa Taratak Boncah dengan korban sementara luka-luka 5 orang dan 1 orang meninggal dunia.


3. Banjir di daerah Desa Muaro Kalaban dengan perkiraan sementara 5 rumah rusak berat dan beberapa rumah rusak ringan.


Namun, Kalaksa BPBD Kota Sawahlunto dan Camat Silungkang belum merinci data korban yang mengalami luka-luka maupun meninggal dunia.


"Data sementara," ujarnya kepada fajarsumbar.com melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (4/5/2024) siang.


Data sementara yang diperoleh dari BPBD Kota Sawahlunto, di Desa Muaro Kalaban - Kecamatan Silungkang terdapat 170 bangunan (rumah warga, objek wisata dan sekolah) yang terdampak banjir dan longsor yang mengalami rusak berat, rusak ringan bahkan berpotensi ambruk, sejumlah warga diungsikan ke tempat yang aman.


Selanjutnya, di Desa Silungkang Duo terdapat 31 bangunan yang terdampak banjir dan longsor, sejumlah warga telah diungsikan ke tempat yang aman.


Hingga berita ini diturunkan, Tim gabungan BPBD Kota Sawahlunto - Kodim 0310/SS - Polres Sawahlunto - CV BMK dan relawan masih melakukan evakuasi pasca bencana alam yang menimpa Kota Sawahlunto.


Dari informasi pewarta warga, jenazah seorang anak perempuan disebut-sebut bernama Rini (15) yang terkena longsor di Desa Silungkang Oso telah ditemukan sekira pukul 13.00 wib dan dibawa ke Puskesmas Silungkang. (ton)