Luar Biasa Aksi Sosial TDI Sumbar Tehadap Korban Pasca Becana Banjir Bandang dan Erupsi Gunung Marapi Sumbar. -->

Iklan Atas

Luar Biasa Aksi Sosial TDI Sumbar Tehadap Korban Pasca Becana Banjir Bandang dan Erupsi Gunung Marapi Sumbar.

Rabu, 29 Mei 2024


.

Agam, Fajar Sumbar.com - Aksi kebersamaan dan kepedulian sesama komunitas Taft Diesel Indonesia (TDI) sangat besar terhadap warga yang terdampak pasca bencana tanah longsor, banjir lahar dingin, banjir bandang/galodo dan erupsi Gunung Marapi di Sumateta Barat.

Hal ini terbukti, komunitas kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar itu berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 14.500.000,- dan dibagikan kepada korban terdampak bencana di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat.

Ketika dihubungi fajarsumbar.com melalui selulernya, Ketua Taft Diesel Indonesia (TDI) Sumatera Barat Yopie Sistria mengatakan, donasi yang berasal dari keluarga besar TDI Sumbar dan beberapa Chapter TDI lainnya juga ikut mengirimkan donasinya, seperti ; TDI Jakarta Raya, TDI Medan, TDI Bengkulu, TDI Bangka Belitung dan TDI Madina.

Dana yang terkumpul itu  menurut Yopie dibelikan untuk beberapa barang seperti, susu formula, sembako, selimut, sarung, pakaian dalam, pempers, pembalut, perlengkapan mandi (sabun dan shampo), perlengkapan sekolah (buku, pena, pensil, penggaris, penghapus).

Kemudian detergent, cairan pembersih, air mineral, kopi, teh, roti dan makan ringan, serta memberikan beberapa amplop yang berisikan uang terkait sebagai prioritas untuk memenuhi kebutuhan warga di lokasi pasca bencana.

Katanya, pendistribusian bantuan kepedulian itu langsung kami serahkan ke warga/korban terdampak pasca bencana Tanah Datar, yakni di Jorong Balai Batu Nagari Limo Kaum Kecamatan Limo Kaum, Nagari Parambahan Kecamatan Limo Kaum, Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan dan Nagari Jao/Ngungun Jorong Panti Nagari Rambatan, didampingi beberapa tokoh masyarakat setempat setelah kami melakukan survey di lokasi pasca bencana.

Menyinggung mata pencarian warga/korban pada lokasi terdampak pasca bencana itu, berdasarkan informasi dari warga setempat, ujar Yopie rata-rata sumber mata pencahariannya, bertani, berkebun beternak dan lainya.

Sementara itu, Tim TDI Sumbar, selama 3 hari, Senin, Selasa dan Rabu, (26/27/28/2024, juga menyerahkan bantuan yang sama untuk korban terdampak pasca bencana di Kabupaten Agam dengan menyasar 6 Nagari.

Penyerahan bantuan tersebut diawali dari warga Simpang Bukik, Bukik Batabuah, Cangkiang Kecamatan Candung, Nagari Galuang Kecamatan Banuhampu, Jorong Kapalo Koto Kecamatan Sungai Pua, Jorong Galudua Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Koto.

Terkait bantuan bantuan yang paling mendasar diharapkan warga/korban pasca bencana di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, tuturnya, adalah uang untuk membangun dan memperbaiki rumah, memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli bahan bakar minyak (BBM) untuk trasportasi, gas untuk memasak, air bersih, serta sejumlah tenaga relawan untuk membantu membersihkan material lumpur, pasir, tanah, batu, kayu dan sampah pasca bencana.

Ia menyebutkan, kendati ada sejumlah bantuan lain dari berbagai pihak, namun sarana untuk masak memasak dan makan seperti kompor, kuali, periuk, panci, ember, piring, gelas dan lainnya mereka tidak punya lagi, sedangkan bantuan dari posko berupa makanan minuman dan pakaian sudah banyak.

TDI Sumbar, mengucapkan terimaksih kepada kawan- kawan TDI yang telah memberikan donasi, semoga dapat meringankan beban saudara kita yang terdampak pasca bencana di Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Penyerahan bantuan kepedulian keluarga besar TDI yang disalurkan Tim TDI Sumbar untuk warga yang terdampak pasca bencana banjir bandang, Galodo dan Erupsi Gunung Marapi Sumbar berjalan dengan lancar.

"Alhamdulilah, tentu hal ini, berkat doa dan kerjasama Tim TDI Sumbar, siang dan malam  yang terdiri dari : Ferry Rinaldi, David Key, Feri Irawan, Arif Rachman, Randy, Reza dan Slamet" kata Yopie.(R-Dz)