Luar Biasa Kuliah Di Politeknik ATI Padang Tanpa Uang Pembangunan -->

Iklan Atas

Luar Biasa Kuliah Di Politeknik ATI Padang Tanpa Uang Pembangunan

Rabu, 01 Mei 2024
.
Padang, fajarsumbar.com - Meningkatnya peranan industri pada pembangunan nasional dan semakin ketatnya persaingan ekonomi di sektor industri secara global, menandakan bahwa kebutuhan sumber daya manusia industri yang kompeten juga semakin meningkat.
Politeknik ATI Padang sebagai institusi pendidikan vokasi negeri di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) hadir untuk mempersiapkan serta menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang industri agro.

Hal tersebut, diungkapkan Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar.M.Pd, kepada fajarsumbar.com, didampingi Pembantu Direktur (Pudir Satu) Bidang Akademik Dr. Harmiwati, ST, MT, terkait pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Padang Tahun Akademik 2024/2025.

Menurut Direktur Politeknik ATI Padang Dr. Ester Edwar. M.Pd, proses perkuliahan mahasiswa nantinya, tetap menggunakan konsep dual system yang mengkombinasikan pembelajaran berbasis kampus dan berbasis industri.

Tak hanya itu, Politeknik ATI Padang juga berkolaborasi dengan praktisi industri dalam merancang kurikulum pembelajaran dan hadir dalam proses mengajar, agar selaras dengan kebutuhan pasar tenaga kerja di industri.

"Peserta didik akan memperoleh pembelajaran di kampus selama 2 tahun dan kuliah kerja praktik di industri selama 2 semester," imbuh Ester.

Dari pelaksanaan PMB Tahun 2024, Politeknik ATI Padang membuka pendaftaran bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliah (MA) Sederajat, yakni lulusan Tahun 2024, 2023 dan lulusan 2022.

Ia menambahkan, prosedur pendaftaran bagi calon mahasiswa dilakukan secara online, melalui : http://jarvis.politekatipdg.ac.id atau Emal : [email protected]

Sementara itu, Pudir Satu Politeknik ATI Padang Dr. Harmiwati, ST, MT menambahkan, pelaksanaan PMB Tahun 2024 ini, diawali dengan  pendaftaran Jalur Vokasi Industri (Jarvis) Prestasi Satu yang telah selesai dilaksanakan, dari 2 Januari hingga 4 Maret 2024, sedangkan Jarvis Prestasi Dua, 5 Maret hingga 21 April  2024.

Politeknik ATI Padang, juga membuka pendaftaran PMB Jarvis Bersama, mulai  22 April - 31 Mei 2024, Tes Seleksi dilaksanakan 14 - 21 juni 2024, sedangkan pengumuman 2 Juli 2024.

"Jarvis Bersama tersebut, adalah jalur seleksi PMB yang dilakukan secara  serentak pada seluruh Perguruan Tinggi Vokasi atau Akademi komunitas di bawah Kemenperin RI dan diselenggarakan secara online," kata Harmiwati.


Kemudian pendaftaran PMB jalur Beasiswa Sawit, mulai 5 April - 24 Mei 2024, Tes Seleksi 3 juni - 4 juli 2024 dan Pengumuman 16 Agustus 2024.

Calon mahasiswa bisa memilih 5 Program Studi (prodi) yang dimiliki Politeknik ATI Padang, yakni Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Trabarukan Diploma (D4), Teknik Industri Agro D3, Teknik Kimia Bahan Nabati D3, Analis Kimia D3 dan prodi Manajemen Logistik Indystri Agro.

"Semua prodi tersebut, telah terekreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), yakni A, B dan Baik," tutupnya.(*)