Mobil Listrik Genesis G80, Dari Penggunaan Resmi di KTT G20 hingga Hadir di Indonesia" -->

Iklan Atas

Mobil Listrik Genesis G80, Dari Penggunaan Resmi di KTT G20 hingga Hadir di Indonesia"

Senin, 27 Mei 2024

Genesis G80.


Jakarta – Genesis G80 mencuri perhatian saat menjadi kendaraan resmi untuk mengangkut pejabat dan tamu negara pada KTT G20 di Bali tahun lalu. Setelah acara besar tersebut berakhir, mobil listrik asal Korea Selatan itu tersedia untuk dijual kepada masyarakat Indonesia, salah satunya diberikan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.


Genesis G80 adalah mobil listrik mewah yang merupakan bagian dari Hyundai Group. Mobil ini menetapkan standar tinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi.


Mobil listrik yang diberikan kepada Shin Tae Yong oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) adalah Genesis Electrified G80 Long Wheelbase (LWB), yang sebelumnya digunakan untuk mobilitas para petinggi negara selama KTT G20.


Hampir satu tahun setelah KTT G20, Chief Marketing Officer PT HMID, Budi Nur Mukmin, mengungkapkan bahwa Genesis G80 masih tersedia untuk konsumen umum. Namun, ia menekankan bahwa jumlahnya sangat terbatas.


"Ya, itu dari G20, benar (LWB). Kami memiliki beberapa unit yang akhirnya kami pasarkan setelah G20. Namun, kami belum melakukan studi lebih lanjut tentang merek ini di Indonesia. Apakah itu akan dijual di sini atau tidak, kami akan selalu melakukan studi," kata Chief Marketing Officer PT HMID Budi Nur Mukmin di Pantai Indah Kapuk 2, Kabupaten Tangerang, Banten, belum lama ini.


Secara dimensi, Genesis Electrified G80 LWB memiliki panjang 5.222 mm. Terdapat tambahan pilar di bagian tengah untuk memberikan lebih banyak ruang. Hal ini meningkatkan kenyamanan dan kemewahan dalam kabin penumpang.


Genesis G80 Electrified dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh. Dalam sekali pengisian penuh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 427 kilometer.


Mobil sedan listrik mewah ini dilengkapi dengan 2 motor penggerak yang masing-masing menghasilkan tenaga 185 Ps (total 370 Ps) dan torsi puncak 350 Nm (total 700 Nm).


Untuk pengisian daya, pada pengisian cepat 800 V, mobil ini hanya membutuhkan waktu 22 menit untuk mengisi dari 10 persen hingga 80 persen. Sedangkan pada pengisian reguler, dari 10 persen hingga 100 persen membutuhkan waktu 9 jam.(BY)