Pelatih Timnas Indonesia U-23 Keluhkan Keadilan Wasit di Piala Asia U-23 -->

Iklan Atas

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Keluhkan Keadilan Wasit di Piala Asia U-23

Rabu, 01 Mei 2024

Shin Tae-yong menginginkan AFC lebih adil ke depannya


DOHA – Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23, mengungkapkan harapannya agar wasit dan perangkat pertandingan AFC menunjukkan sikap yang lebih adil dalam Piala Asia U-23 2024. Ia merasa kelelahan dengan perlakuan kurang mengenakkan yang telah dialaminya di babak-babak sebelumnya.


Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas Irak U-23 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, pada Kamis 2 Mei 2024 pukul 22.30 WIB. Pemenang laga ini akan secara langsung melaju ke Olimpiade Paris 2024.


Sebelum pertandingan, Shin mengapresiasi penampilan baik Timnas Indonesia U-23 meskipun harus menerima kekalahan dari Timnas Uzbekistan U-23 dengan skor 0-2 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Namun, ia menyatakan bahwa hasil akhir bisa saja berubah jika wasit tidak membuat keputusan yang merugikan.


"Di babak semifinal, masih ada banyak hal yang saya pikirkan. Para pemain sudah bermain bagus, namun ada beberapa situasi, terutama karena keputusan wasit, yang bisa mengubah jalannya pertandingan. Itu menjadi sulit bagi saya dan tim saya," ungkap Shin dalam konferensi pers, Selasa (1/5/2024).


Pelatih asal Korea Selatan itu menginginkan agar AFC bertindak adil untuk memajukan kompetisi sepak bola di Asia. Menurutnya, AFC harus memilih wasit yang mampu bersikap adil sehingga pertandingan dapat berlangsung dengan lancar.


"Di masa depan, jika AFC ingin mengembangkan sepak bolanya, mereka harus memberikan rasa hormat kepada semua tim dan pemain. AFC harus netral terhadap semua tim dan saling menghormati," tambah Shin.


“Saya telah menonton ulang video pertandingan berkali-kali, dan berdasarkan pengalaman saya sebagai pelatih, intinya saya hanya ingin meminta AFC untuk menghormati semua tim di Asia, sehingga tim yang bertanding juga dapat saling menghormati," lanjutnya.


Dalam menghadapi Irak, Shin berharap AFC dapat memastikan jalannya pertandingan yang adil. Pasalnya, menurutnya, Timnas Indonesia U-23 dan Irak sama-sama berjuang untuk meraih posisi ketiga dan langsung melaju ke Paris.


"Mengenai pertandingan melawan Irak, ini adalah pertarungan untuk merebut tempat ketiga. Semua tim pasti akan berusaha yang terbaik, dan saya berharap AFC dapat membantu agar pertandingan berlangsung dengan adil, sehingga kita bisa menyaksikan pertandingan yang berkualitas," pungkasnya.


Sementara itu, dalam pertandingan nanti, Sivakorn Pu-Udom akan bertindak sebagai wasit VAR. Hal ini membuat sebagian penggemar Timnas Indonesia U-23 menyatakan keberatannya terhadap pemilihan wasit asal Thailand tersebut.(BY)