Pemerintah Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Subsidi dan Kolaborasi Diperlukan -->

Iklan Atas

Pemerintah Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Subsidi dan Kolaborasi Diperlukan

Minggu, 05 Mei 2024

Genjot penggunaan motor listrik, bagaimana caranya?


Jakarta – Pemerintah mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.


Langkah ini diambil karena perkembangan penggunaan motor listrik masih dianggap belum memuaskan. Oleh karena itu, pemerintah memberlakukan subsidi untuk merangsang pertumbuhan pasar motor listrik.


Selain itu, untuk meningkatkan penggunaan motor listrik, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak.


United E-Motor, salah satu produsen motor listrik lokal, mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menghasilkan motor listrik yang mampu bersaing dengan motor konvensional.


Awan Setiawan, Kepala Divisi Penjualan & Pemasaran United E-Motor, menyatakan bahwa perusahaan selalu membandingkan produknya dengan motor konvensional yang populer. Oleh karena itu, setiap model motor listrik United E-Motor memiliki performa yang sebanding dengan motor konvensional.


“United tidak akan bersaing dengan merek lain dalam hal motor listrik. Fokus kami adalah bersaing dengan motor konvensional atau ICE. Maka, rasanya harus benar-benar pas,” kata Awan di United Building, Serpong, Tangerang, Sabtu (4/5/2024).


Ia menekankan bahwa sejak peluncuran motor listrik, perusahaan terus mengembangkan produknya. Hal ini membuat mereka percaya diri untuk bersaing dengan merek terkenal dalam hal kualitas produk.


“Jadi jika kita ingin bersaing dengan Honda, Yamaha, masih jauh. Mengapa? Karena jika kita ingin berkompetisi secara langsung, produk kami masih bagus, tapi yang kami kalah adalah jaringan. Mereka memiliki jaringan 4.000, dengan penjualan sekitar 400 ribu unit per bulan, jadi itu wajar. Sementara jaringan kami hanya 30, dengan penjualan sekitar 3.000-4.000 unit per bulan. Itulah mengapa kami terus memperluas jaringan,” ujarnya.


Oleh karena itu, Awan memastikan bahwa perusahaan akan terus memperluas jaringannya agar lebih dekat dengan masyarakat. Langkah ini juga akan mempermudah mereka dalam menyampaikan informasi tentang motor listrik kepada konsumen yang lebih luas.


“Target kami tahun ini adalah memiliki 50 dealer authorized, 100 outlet satelit, ditambah dengan pembangunan pasar modern yang mencapai 200. Jadi total, tahun ini kami memiliki 350 titik distribusi. Misalkan, setiap titik bisa menjual 20 unit per bulan, maka total penjualan kami adalah 7.000 unit per bulan,” tambahnya.


Selain itu, United E-Motor juga melibatkan komunitas dalam upaya penyuluhan tentang motor listrik.


“Komunitas seperti UEVO dan U-MORE adalah kebanggaan bagi kami. Mereka secara sukarela menjadi agen perubahan dalam membawa misi untuk lingkungan yang lebih bersih dan bebas polusi, demi kehidupan yang lebih baik,” kata Meilany Suryanata, Kepala Komunikasi Pemasaran PT Terang Dunia Internusa.(BY)