Pendaki Wanita Nepal Pecahkan Rekor Gunung Everest -->

Iklan Atas

Pendaki Wanita Nepal Pecahkan Rekor Gunung Everest

Jumat, 31 Mei 2024

ilustrasi



Jakarta - Seorang pendaki asal Nepal, Phunjo Lama, berhasil mencatatkan prestasi baru dalam sejarah dengan menjadi pendaki wanita tercepat dalam menaklukkan Gunung Everest.


Phunjo Lama menyelesaikan perjalanan pulang pergi dari Base Camp ke puncak tertinggi di dunia hanya dalam waktu 24 jam 26 menit tanpa berhenti untuk beristirahat.


Dalam pendakiannya, Phunjo memulai perjalanan dari Base Camp Everest pada pukul 15:52 pada 23 Mei dan mencapai puncak dunia pada pukul 6:23 keesokan paginya.


Dengan kondisi pendakian yang terbatas dan penuh tantangan di Gunung Everest, pencapaian ini bukanlah semata soal kecepatan, tetapi juga strategi dan ketahanan.


Phunjo memilih untuk mendaki di malam hari untuk menghindari kerumunan pendaki dan kemacetan di jalur pendakian, memungkinkannya untuk melampaui hambatan tersebut.


Pendakian ini juga merupakan persiapan bagi Phunjo untuk mencapai semua puncak 8 ribu meter di dunia bersama rekan pendakiannya, Samantha McMahon.


Meski awalnya tidak mengetahui bahwa mendaki gunung bisa menjadi profesi, Phunjo telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di ketinggian tinggi di Nepal.


Phunjo menunjukkan dedikasinya tidak hanya pada pendakian, tetapi juga pada kesetaraan gender di olahraga ini, dengan harapan melihat lebih banyak wanita terlibat dalam kegiatan pendakian gunung.(des)