Penjaga Gawang FC Dallas, Maarten Paes, Ambil Sumpah Kewarganegaraan Indonesia -->

Iklan Atas

Penjaga Gawang FC Dallas, Maarten Paes, Ambil Sumpah Kewarganegaraan Indonesia

Rabu, 01 Mei 2024

 

Pemain naturalisasi, Marteen Paes. 


Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari penjaga gawang FC Dallas, Maarten Paes. Pada Senin (30/4/2024) pagi WIB, dia dikabarkan telah mengambil sumpah kewarganegaraan.


Informasi tersebut muncul dari akun Instagram Futboll.Indonesiaa yang membagikan foto Maarten Paes lengkap dengan jas dan peci sebagai tanda prosesi sumpah kewarganegaraan.


“Sat set terimakasih semuanya pihak yang terkait dengan proses ini,” lanjutnya.


Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia, yang masih membutuhkan pemain berkualitas jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.


Namun, belum jelas kapan Maarten Paes akan memenuhi syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia karena statusnya masih dalam perdebatan.


Maarten Paes sebelumnya telah membela timnas U-21 Belanda pada Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021, meski usianya telah lebih dari 21 tahun.


Menurut regulasi FIFA, seorang pemain dapat beralih dan bermain untuk tim nasional lainnya jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali bermain di level junior atau senior dalam pertandingan resmi.


Kasus Maarten Paes kemungkinan akan dibawa ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, telah mengungkapkan kesiapannya membawa bukti-bukti untuk mendukung kelayakan Paes membela Timnas Indonesia.


Jika ingin segera membuat debut bersama Timnas Indonesia, Paes memiliki waktu terbatas. PSSI harus menyelesaikan semua persyaratan dalam waktu sebulan.


Jadwal dekat Timnas Indonesia adalah pada bulan Juni 2024, di mana mereka akan menghadapi Irak dan Filipina pada Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke putaran ketiga.(des)