Perhatian Media Vietnam: Indonesia Membujuk Pemain Eropa Tanpa Bayaran Fantastis -->

Iklan Atas

Perhatian Media Vietnam: Indonesia Membujuk Pemain Eropa Tanpa Bayaran Fantastis

Rabu, 01 Mei 2024

Timnas Indonesia diperkuat pemain-pemain keturunan berkualitas tanpa iming-iming uang

Fajarsumbar.id - Masyarakat Vietnam heran dengan kemampuan Timnas Indonesia merekrut pemain keturunan tanpa perlu memberikan bayaran besar. Terlebih lagi, para pemain tersebut rela mengubah kewarganegaraan mereka.


Baru-baru ini, Maarten Paes secara resmi menjadi WNI. Penjaga gawang FC Dallas itu mengucapkan sumpah kewarganegaraan Indonesia pada hari Selasa, 30 April 2024 di Jakarta.


Sebelumnya, sudah ada sejumlah pemain naturalisasi yang berkualitas dan menjadi WNI. Di antara mereka adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Shayne Pattynama, Justin Hubner, dan lainnya.


Situasi ini membuat media Vietnam, Soha.vn, terkesan. Indonesia melalui PSSI tampaknya mengeluarkan dana untuk perjalanan pemain-pemain tersebut ke Indonesia, tanpa memberikan imbalan finansial.


"Indonesia bahkan mengeluarkan dana untuk membujuk bintang-bintang Eropa agar menjadi warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi," tulis Soha, dikutip pada hari Rabu (1/5/2024).


"Pemain keturunan Indonesia yang berasal dari Eropa melakukan naturalisasi dan memilih untuk bermain untuk tim nasional tanpa motivasi finansial yang besar," tambah media tersebut.


Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan besar bagi Soha. Sebab, pemain keturunan yang bermain untuk tim nasional di Asia Tenggara seringkali harus dibujuk dengan penawaran uang yang besar.


Soha kemudian mencari tahu dan akhirnya menyimpulkan bahwa Jay Idzes dan rekan-rekannya memiliki rasa cinta yang kuat kepada Indonesia.


"Banyak pemain keturunan Indonesia yang lahir dan dibesarkan di Eropa, tetapi mereka masih memelihara rasa kecintaan kepada Indonesia," tulis Soha.


"Mereka merasa terikat dengan tanah air mereka dan ingin memberikan kontribusi bagi Timnas Indonesia," tandas tulisan tersebut.(BY)