Politeknik ATI Padang, Gelar Seminar Industri, bertajuk " Mengenal Peran Teknologi dan Digitalisasi Dalam Pendidikan Vokasi -->

Iklan Atas

Politeknik ATI Padang, Gelar Seminar Industri, bertajuk " Mengenal Peran Teknologi dan Digitalisasi Dalam Pendidikan Vokasi

Sabtu, 25 Mei 2024


.

Padang, fajarsumbar.com - Politeknik ATI Padang melakukan penanda tanganan kesepahaman kerja sama ( MoU) dengan 4 perusahaan industri di Aula Maigoes Ma'aroef, Rabu, (22/05/2024).


Perusahaan industri yang ambil bagian pada MoU dengan Politeknik ATI Padang, terdiri dari PT. Cyberindo Aditama, PT. VVF Indonesia, PT. Mitra kerinci dan
PT. DSV.

Kemudian Industri yang bakal melakukan MoU dengan SMAK Padang, PT. Kao Indonesia, PT. Geoservice Padang, PT. Fabindo Sejahtera, PT. Inti Surya Laboratorium Industri, kemudian yang bakal MoU dengan SMTI Padang, PT.Casia Coop.

Penanda tangan MoU tersebut, diawali oleh Direktur Politeknik Padang Dr. Isra Mouludi. S.Kom dan dilanjutakan Wahyu Hidayat perwakilan Perusahaan PT. Cyberindo Aditama (CBN) Jakarta.

Usai MoU dilanjutkan dengan Seminar Industri,  bertajuk " Mengenal Peran Teknologi dan Digitalisasi dalam pendidikan vokasi di hadapan pimpinan dan tenaga Kependidikan serta Mahasiswa Politeknik ATI Padang.

Pemaparan ini disampaikan oleh  Ahmad Yahya Sjarifuddin selaku Srategic Organization and Learning Department Head.

Di tempat yang sama, Direktur Politeknik ATI Padang Isra Mouludi mengapresiasi dan mengucapkan selamat datang kepada prusahaan industri dan nara sumber atas pemaparannya pada seminar Temu Industri di Kampus Politeknik ATI Padang.

Begitu juga ucapan terimakasih kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja dengan baik, sehingga kegiatan Diesnatalis Ke- 50 Politeknik ATI Padang dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut Isra mengatakan, penyelenggaran pendidikan vokasi dan mitra industri memiliki peran strategis dalam usaha penyusunan kurikulum, seperti pelaksanaan magang dan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Dengan keterserapan Satuan Kerja (Satker) pendidikan, maka akan lebih tepat guna menyiapkan kebutuhan industry yang (link and match)

Kerjasama antara institusi pendidikan dan industri dalam bentuk MoU ini, Isra berharap bisa terwujud suatu kolaborasi yang baik dari kedua belah pihak,.
Pada MoU tersebut, tampak hadir, selain Head Of Corporate solution Regional CBN Jakarta Wahyu Hidayat mewakili Human Capital Director CBN Harry Dharma Setiawan, juga Dr. Ester Edwar. MPD Direktur Politeknik ATI Padang Periode 2019- 2024, Pembantu Direktur (Pudir) 1, Dr. Harmiwati, ST, MT,  Pudir II Irna Ekawati, S.Si, MT dan Pudir III Dr, Lisa Nesti M.Si  namun juga dihadiri perwakilan Satker SMK-SMTI, SMK- SMAKPA Padang dan SMK-SMTI Pontianak, Politeknik PTKI Medan serta perwakilan Satker Kemenperin RI lainya.

Berbicara lingkup dari nota kesepahaman yang diatur dalam MoU, menurut Pudir III Politeknik ATI Padang Dr. Lisa Nesti. M.Si, terkait pelaksanaan kegiatan yang bersifat knowledge sharing, berupa seminar, kuliah umum, kuliah tamu, dan workshop atau training di lingkungan perguruan tinggi pihak kedua maupun sebaliknya.

Selain itu, pihak pertama memberikan kesempatan kepada pihak kedua untuk mengirimkan para mahasiswa yang ingin mengikuti program kuliah kerja praktek pada perusahaan pihak pertama maupun perusahaan afiliasi pihak pertama.

Kemudian pelaksanaan program rekrutmen melalui program campus hiring di lingkungan perguruan tinggi pihak kedua memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat berkarir di perusahaan pihak pertama maupun perusahaan afiliasi pihak pertama

"Tak hanya itu, namun disepakati juga kerja sama pengembangan riset dan bisnis yang bertujuan untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang bermanfaat dan menguntungkan bagi para pihak yang terkait," tambah Lisa.(R-Dz)