PPDI Padang Panjang Bentuk National Paralympic Committee -->

Iklan Atas

PPDI Padang Panjang Bentuk National Paralympic Committee

Senin, 06 Mei 2024

 

Rapat pembentukan organisasi disabilitas bidang olahraga atau National Paralympic Committee (NPC)


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Setelah berdirinya Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang Panjang  mendorong pembentukan organisasi disabilitas bidang olahraga atau National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.


Ketua PPDI Muhamad Ilham, S.Ds, M.Sn, Senin (6/5) menyampaikan, NPC cabang Padang Panjang terbentuk pada pertemuan PPDI Minggu (6/5). 


“Fauzhi Handrian disabilitas netra terpilih sebagai ketua NPC. Pengurus secara lengkap akan segera disusun dan menunggu instruksi NPC pusat dan Sumbar. Insyaallah akan dikukuhkan secara resmi secepatnya,” katanya.


NPC, kata Ilham,  adalah organisasi olahraga prestasi bagi penyandang disabilitas. Organisasi ini satu-satunya wadah pembinaan dan penyelenggaraan keolahragaan para penyandang disabilitas Indonesia. 


“NPC berwenang mengkoordinasikan dan membina setiap kegiatan olahraga,” sebutnya.


Pada pertemuan itu juga mengemuka rencana PPDI yang bakal mendata sekaligus meng-update data disabilitas Padang Panjang. Baik jenis disabilitas di antaranya disabilitas netra, rungu, daksa, down syndrom, maupun ganda 


“Kami juga akan meninjau sahabat disabilitas berat untuk bisa bersilaturahmi ke rumah. Memberikan motivasi semangat kepada orang tua dan keluarganya,” imbuh Ilham. (syam)