Presiden Jokowi Perintahkan BNPB Tangani Banjir Lahar Dingin di Sumbar -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Perintahkan BNPB Tangani Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Rabu, 15 Mei 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) 



Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani situasi darurat akibat banjir lahar dingin yang melanda Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).


"Saya telah memberikan instruksi kepada Kepala BNPB untuk segera menangani masalah tersebut, dan mereka sudah berada di lokasi," ujar Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada hari Selasa.


Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa ia secara aktif memantau perkembangan situasi bencana di Sumbar dan telah berkomunikasi langsung dengan tim di lapangan.


"Saya terus memantau perkembangan dan kondisi di sana melalui telepon. Saya ingin melihat langsung keadaan di Sumbar, tetapi masih mempertimbangkan waktu yang tepat karena kondisi jalan yang terganggu dan pengungsi yang masih diselamatkan," tambahnya.


Selain itu, Jokowi menyatakan niatnya untuk segera berkunjung ke Sumbar guna memberikan bantuan langsung dan mencari solusi bagi warga terdampak.


"Kami akan mengatur kunjungan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir lahar dingin," ucapnya.


Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya peninjauan secara berkala terhadap fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk RSUD Konawe.


"Saya rutin meninjau rumah sakit di berbagai daerah, termasuk hari ini saya mengunjungi RSUD di Kabupaten Konawe," tambahnya.(des)