Presiden Jokowi Restui Perpanjangan Izin Ekspor Tembaga Freeport -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Restui Perpanjangan Izin Ekspor Tembaga Freeport

Rabu, 08 Mei 2024

 

Presiden Jokowi soal perpanjangan izin Freeport 


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan restu untuk memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga milik PT Freeport Indonesia. Perpanjangan izin tersebut dilakukan mengingat masa berlaku izin ekspor Freeport yang akan berakhir pada akhir bulan Mei.


"Ya, izin ekspor diperpanjang. Namun, kami masih mengevaluasi besaran tarif yang akan dikenakan," ujar Jokowi kepada wartawan di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (8/5/2024).


Jokowi menjelaskan bahwa salah satu alasan perpanjangan izin ekspor tersebut adalah karena Freeport telah mempercepat pembangunan smelter. Bahkan, progres pembangunannya sudah mencapai hampir 100 persen.


"Mereka telah membangun smelter dan hampir mencapai 100 persen. Kami terus memantau perkembangannya minggu demi minggu," tambahnya.


Dengan demikian, Jokowi menilai bahwa tindakan Freeport tersebut menunjukkan keseriusan mereka dalam mendukung pengembangan industri di dalam negeri.


"Dengan selesainya pembangunan smelter, itu menandakan komitmen mereka terhadap pengembangan industri di dalam negeri. Ini adalah langkah yang sangat positif dan patut diapresiasi," ungkap Jokowi.(des)