PT. Simon Jaya Abadi Perkasa, Dua Ekskavator dan Dua Truk Dibakar di Kepulauan Yapen -->

Iklan Atas

PT. Simon Jaya Abadi Perkasa, Dua Ekskavator dan Dua Truk Dibakar di Kepulauan Yapen

Kamis, 09 Mei 2024

Truk Dibakar OTK



Jayapura - Kejadian pembakaran dua ekskavator dan dua truk yang milik PT. Simon Jaya Abadi Perkasa oleh orang tak dikenal (OTK) di kampung Doraimanona Serui, Kepulauan Yapen, Papua, kini menjadi fokus penyelidikan polisi. Dugaan sementara menunjukkan bahwa pelaku pembakaran berasal dari kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).


Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, menjelaskan bahwa kejadian ini berawal ketika seorang saksi bernama Joki Karta, seorang karyawan PT. Simon Jaya Abadi Perkasa yang bertugas menjaga alat-alat tersebut, melihat orang-orang berlari dari lokasi kejadian. Namun, ia lebih memprioritaskan untuk membangunkan warga setempat guna memadamkan api yang membakar alat-alat berat tersebut.


"Sekitar pukul 04.30 WIT, ia mendengar suara ledakan dari dalam rumah dan langsung melihat alat-alat berat tersebut sudah terbakar," ujarnya kepada wartawan pada Kamis (9/5/2024).


Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Herzoni Saragih, menambahkan bahwa kasus pembakaran dan perusakan yang terjadi pada Jumat, 3 Mei 2024, masih dalam tahap penyelidikan oleh Satreskrim Polres Yapen. Meskipun akses menuju lokasi kejadian cukup jauh dari ibu kota Yapen, namun polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada Senin, 6 Mei 2024.


"Anggota masih melakukan penyelidikan, kami telah meminta keterangan dari pemilik alat berat. Olah tempat kejadian perkara dan pemeriksaan saksi juga telah dilakukan untuk mengetahui pelaku dan motif di balik kejadian ini," jelasnya.(des)