Raja Mie Instan, Kisah Lima Tokoh Terkaya Indonesia di Balik Bisnis Kuliner Instant -->

Iklan Atas

Raja Mie Instan, Kisah Lima Tokoh Terkaya Indonesia di Balik Bisnis Kuliner Instant

Jumat, 03 Mei 2024

Orang Kaya Berkat Mi Instan. 


Jakarta - Makanan instan, seperti mie instan, telah menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia dan internasional. Siapa sangka, bisnis ini mampu mengantarkan seseorang ke kekayaan hingga ratusan triliun.


Dengan harga terjangkau, mie instan menawarkan beragam varian rasa yang dapat dinikmati oleh semua orang.


Mie instan bukan lagi sekadar kegemaran di Indonesia, tapi juga telah merambah pasar internasional, diekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Belanda, Korea Selatan, Taiwan, dan lainnya. Brand-brand tersebut berasal dari perusahaan Indofood.


Berdasarkan data, berikut adalah lima orang terkaya di Indonesia yang memiliki bisnis mie instan:


Anthoni Salim

Anthoni Salim, pemilik perusahaan Indofood yang memproduksi mie instan Indomie, menduduki peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023 dengan kekayaan mencapai USD10,3 miliar atau sekitar Rp166,8 triliun (dengan kurs Rp16.200 per USD). Dengan bisnis mie instan ini, Anthoni Salim menjadi salah satu tokoh terkaya di Indonesia.


Selain bisnis mie instan, Anthoni juga memimpin Salim Group yang memiliki kekayaan dari sektor ritel, perbankan, telekomunikasi, energi, hingga makanan.


Husain Djojonegoro

Husain Djojonegoro, yang terlibat dalam bisnis mie instan dengan merek Mie ABC dan Gurimi, memiliki kekayaan mencapai USD1,15 miliar atau sekitar Rp18,6 triliun. Ia menduduki peringkat ke-42 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 2023.


Selain bisnis mie instan, Husain juga memiliki bisnis Orang Tua Group yang dikenal dengan produk makanan dan minumannya. Dia juga terlibat dalam bisnis ABC Group bersama adiknya, yang memproduksi berbagai produk seperti Vitamin You C1000, baterai ABC, dan lainnya.


Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja adalah Kepala Grup Mayora, salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang terkenal dengan produk-produk seperti Kopiko, Danisa, dan Roma.


Mayora juga memproduksi berbagai produk seperti sereal, kopi, biskuit, permen, dan lainnya, termasuk mie instan dengan merek Mie Oven, Migelas, dan Bakmi Mewah. Berkat usahanya, Jogi menduduki peringkat ke-11 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023 dengan kekayaan mencapai USD4,4 miliar atau sekitar Rp71,2 triliun.


Djajadi Djaja

Djajadi Djaja adalah salah satu orang terkaya berkat bisnis mie instannya. Sebelum Indomie diakuisisi oleh Indofood, Djajadi telah memulai bisnis mie instan tersebut.


Saham perusahaannya kemudian diambil alih oleh Salim Group, menjadikan mereka pemilik baru dari Indomie. Djajadi tidak bekerja sendiri, dia memiliki rekan bisnis dari China, yakni Wahyu Tjuandi, Ulong Senjaya, dan Pandi Kusuma. Bersama-sama, mereka mendirikan Perusahaan Sanmaru Food Manufacturing Co Ltd pada April 1970.


Saat ini, Djajadi menjabat sebagai Komisaris PT Jakarana Tama, perusahaan yang memproduksi Mie Gaga. Namun, jumlah kekayaan Djajadi tidak tersedia.


Eddy Katuari

Eddy Katuari berhasil meraih kekayaan berkat bisnis mie instan dengan merek Mie Sedaap yang diekspor ke berbagai negara.


Kekayaannya mencapai USD1,03 miliar atau sekitar Rp16,6 triliun, dan menduduki peringkat ke-46 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023.


Selain bisnis mie instan, Eddy juga memimpin Wings Group setelah meneruskan usaha ayahnya. Wings Group terkenal dengan produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, deterjen, pembersih toilet, dan pembalut wanita. Perusahaan ini juga salah satu yang terbesar di Indonesia.(BY)