Rakerprov KONI Sumbar 2024, Membangun Olahraga yang Membanggakan -->

Iklan Atas

Rakerprov KONI Sumbar 2024, Membangun Olahraga yang Membanggakan

Sabtu, 25 Mei 2024

Kantor KONI Sumbar


Padang – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat akan mengadakan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) 2024 dengan tema “Melalui Kebersamaan Membangun Olahraga Sumatera Barat yang Membanggakan”.


Acara ini akan berlangsung sehari penuh di UNP Hotel & Convention Center pada Senin (27/5/2024). Berbagai agenda penting akan dibahas dalam momen ini, yang hasilnya akan menjadi tolok ukur perkembangan olahraga di Sumatera Barat ke depan.


Wakil Ketua Umum IV KONI Sumbar, Septris Yonaldi, menyatakan bahwa berbagai agenda penting untuk tahun 2024 dan 2025 akan dibahas oleh Anggota KONI Sumbar, yang terdiri dari Pengprov Cabor dan KONI kabupaten/kota.


“Persiapan menghadapi PON 2024 dan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025 di Kota Solok akan menjadi fokus utama,” ujar Septris dalam konferensi pers di gedung KONI Sumbar, Jumat (24/5/2024) siang.


Septris menjelaskan bahwa sejumlah pembicara akan hadir dalam Rakerprov. Kadispora Sumbar akan memaparkan tentang pembinaan olahraga terbaik melalui tata kelola yang sehat, modern, dan profesional.


Selain itu, BAI akan menyampaikan analisis dan evaluasi program kerja serta anggaran KONI 2023. Rencana kerja dan anggaran KONI Sumbar 2024 akan dipaparkan oleh Waketum III KONI Sumbar.


Agenda lainnya adalah pemaparan kesiapan Sumbar menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024 yang akan berlangsung di Aceh-Sumut.


“Selanjutnya, akan dibahas kepastian pelaksanaan Porprov 2025 yang rencananya akan diadakan di Kota Solok,” tambah Septris.


Sebanyak 36 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam multi event olahraga tahunan tersebut. Saat ini, persiapan venue telah mencapai 80 persen.


Septris juga menjelaskan bahwa untuk menetapkan regulasi dan keputusan, dua komisi akan mengadakan rapat yang menjadi pedoman akhir Rakerprov.


Komisi I, yang terdiri dari bidang organisasi, akan membahas program kerja dan anggaran 2023-2024. Sementara itu, Komisi II, yang terdiri dari Bidang Binpres, akan membahas kesiapan menghadapi PON 2023 dan Porprov 2025.


Septris menekankan bahwa Rakerprov KONI Sumbar tahun ini sangat penting untuk menentukan arah pembinaan prestasi serta kepastian pelaksanaan Porprov yang telah beberapa kali tidak digelar.


“Kami berharap adanya kesamaan visi dan pemikiran dari anggota KONI Sumbar terhadap pembinaan olahraga di Sumbar,” tutupnya.


Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Sumatera Barat akan mengikuti 42 cabang olahraga. Sebanyak 337 atlet akan berangkat ke Aceh-Sumut, setelah mengikuti babak kualifikasi PON yaitu Kejurnas PON dan Porwil.


“Sesuai dengan Raker tahun lalu, atlet yang berangkat ke PON adalah mereka yang berada di peringkat 6 besar Kejurnas PON dan medali emas Porwil 2023,” tambah Septris.(des)