Rio Haryanto; Pembalap F1 yang Tetap Setia pada Agama dan Asal Usulnya -->

Iklan Atas

Rio Haryanto; Pembalap F1 yang Tetap Setia pada Agama dan Asal Usulnya

Jumat, 10 Mei 2024

Ayat Alquran tertempel di mobil balap F1 Rio Haryanto.


Jakarta - Rio Haryanto adalah satu-satunya pembalap asal Indonesia yang pernah bertanding di ajang balap Formula 1 (F1). Meskipun hanya berkompetisi setengah musim bersama Manor Racing, namanya berhasil membuat Indonesia bersorak.


Selain tetap mengenang asal negaranya, Rio Haryanto dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Hal ini terlihat dari selembar doa yang ditempel di kokpit mobil balap F1 miliknya, yang dipercayai selalu dibacanya sebelum memulai balapan.


Foto yang menunjukkan potongan ayat suci Alquran yang ditempel tersebut diunggah oleh akun Twitter @SkuderiaShitbox. Menurut keterangan foto tersebut, kertas yang ditempel itu berisi ayat kursi beserta terjemahannya.


“Rio Haryanto suka menempelkan ayat kursi di samping kokpit mobil balapnya, katanya supaya balapannya lebih tenang,” bunyi keterangan foto tersebut.


Pada foto tersebut, terlihat potongan kertas berisi surat ayat kursi yang ditempel di kokpit tepat di sisi kanan kemudi. Sehingga Rio Haryanto bisa dengan mudah melihat dan membacanya.


Melihat hal tersebut, banyak netizen yang tersentuh dengan tindakan Rio Haryanto sebagai seorang muslim. Namun, ada juga yang terkejut mengetahui bahwa pembalap berbakat itu memeluk agama Islam.


“Semoga ada pembalap Indonesia lainnya di F1 seperti Rio Haryanto,” tulis @rfl***.


“Rio sangat keren, semoga dia kembali balapan meskipun sulit,” ujar @sapp***.


“Saat #CanadianGP dia bahkan bersikeras untuk berpuasa, meskipun pihak Manor Racing menyarankan agar tidak berpuasa. Dan akhirnya dia tetap puasa saat race week itu,” ucap @Irvine***.


“Rio Haryanto sangat tampan, jika orang tidak tahu bahwa dia orang Indonesia, pasti akan mengira dia adalah saudara dari Zhou, pembalap China,” kata @dors***.


“Baru tahu bahwa dia seorang muslim,” ungkap @rouv***.


“Ternyata Rio Haryanto seorang muslim, saya pikir dia orang Cina,” tutur @mam***.(BY)