Senin Besok Kepala BNPB Bersama Anggota DPR-RI John Kenedy Azis Tinjau Galodo Sumbar -->

Iklan Atas

Senin Besok Kepala BNPB Bersama Anggota DPR-RI John Kenedy Azis Tinjau Galodo Sumbar

Minggu, 12 Mei 2024
Salah satu titik terparah akibat banjir lahar dingin di kawasan Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. (ist)


Padang, FajarSumbar.com - Jika tidak ada halangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto bersama anggota DPR-RI John Kenedy Azis meninjau lokasi banjir bandang lahar dingin di Padang Panjang, Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Senin (13/5/2024).


Informasi itu didapat dari anggota DPR RI dari DPR-RI John Kenedy Azis melalui pesan WhatsApp (WA)-nya. JKA menyampaikan bahwa Letjen Suharyanto besok akan turun ke Sumbar, bertemu dengan seluruh kepala daerah yang terdampak. 


"Insya Allah, saya bersama Bapak Letjen Suharyanto, naik pesawat ke Padang sekitar pukul 13.00 Wib. Agenda mendengarkan paparan dari para bupati yang daerahnya terdampak dan, kemudian mengunjungi lokasi bencana dengan heli kopter," kata putera asli Sungai Garinggiang tersebut. 


Sebagaimana diketahui, Sumbar dihantam galodo. Terjadi dibanyak titik. Banyak warga jadi korban. Gelodo atau banjir lahan dingin bersumber dari Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Musibah kali ini benar-benar mengerikan dan merenggut nyawa 31 korban dan sejumlah warga masih hilang.


Galodo kali ini sungguh mengerikan. Apa saja yang di hadapannya disapu, kerugian mencapai miliaran rupiah. Sejumlah warga masih ada yang belum ditemukan, rumah, mobil dan motor banyak yang hanyut.


Atas musibah tersebut, John Kenedy Azis berharap para Kepala daerah supaya lebih serius menanggapi musibah yang menimpah Sumatera Barat. "Ini bencana besar. Perlu penanganan yang serius. Jangan biarkan masyarakat menderita terlalu lama," harapnya.(dr)