Siapa Pemilik di Balik Kesuksesan PO Bus Tunggal Jaya? -->

Iklan Atas

Siapa Pemilik di Balik Kesuksesan PO Bus Tunggal Jaya?

Selasa, 07 Mei 2024

Ilustrasi siapa pemilik PO Bus Tunggal Jaya


Fajarsumbar.id - PO Bus Tunggal Jaya, sebuah perusahaan yang menawarkan layanan sewa bus untuk keperluan pariwisata, mungkin memiliki pemilik yang belum banyak diketahui orang. Perusahaan ini melayani perjalanan wisata dengan rute Kuningan-Yogyakarta dan Kuningan-Jakarta.


Jadi, siapakah pemilik sebenarnya dari PO Bus Tunggal Jaya? Perjalanan Po Tunggal Jaya, atau yang sekarang dikenal dengan nama Tunggal Jaya Transport, dimulai pada tahun 1973 ketika H. Asim dipanggil pulang oleh orang tuanya saat sedang merantau.


Setahun kemudian, dia mengajukan pinjaman sebesar Rp40.000 ke bank dan menggunakannya untuk membeli sepeda dan barang dagangan untuk dijual, seperti ubi, yang dijualnya hingga ke Jakarta.


Hampir dua dekade kemudian, H. Asim memutuskan untuk mewujudkan mimpinya memiliki bisnis di bidang transportasi. Dengan modal Rp100 juta, dia membeli satu unit bus ukuran medium seharga Rp49 juta.


Awalnya, perusahaan bus milik H. Asim melayani rute di Sumatera. Namun, perlahan-lahan, bisnisnya berkembang dan beralih untuk melayani perjalanan wisata. Dia juga menawarkan layanan penitipan uang.


Nama Tunggal Jaya dalam PO Tunggal Jaya diambil dari nama ayahnya, dengan harapan bahwa setiap usaha yang dilakukannya akan sukses.


H. Asim berhasil mewujudkan harapan tersebut. Dengan kerja keras dan ketekunan, PO Tunggal Jaya menjadi perusahaan otobus yang maju. Selain itu, kebaikan hatinya juga berkontribusi pada kesuksesan bisnisnya.


H. Asim sering memberikan santunan kepada anak yatim, mengajak masyarakat desanya berziarah, dan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan. Bahkan, dia sering menetapkan harga sewa bus lebih murah untuk kegiatan berziarah atau kegiatan keagamaan lainnya.


Saat ini, H. Asim tidak lagi mengelola bisnis PO Tunggal Jaya. Dia memilih untuk menyerahkan usahanya kepada anaknya, Didi, untuk melanjutkan perjuangannya.(BY)