Tim Gabungan Bersihkan Sungai Batang Jirek Pasca Banjir Lahar Dingin -->

Iklan Atas

Tim Gabungan Bersihkan Sungai Batang Jirek Pasca Banjir Lahar Dingin

Senin, 13 Mei 2024
Tim gabungan membersihkan Batang Jirek di Kelurahan Sigando, Padang Panjang dari material kayu dan bebatuan akibat banjir bandang


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi pada Sabtu malam telah menyebabkan meluapnya aliran Sungai Batang Jirek di Silaburan, Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur.


Sungai ini terhambat oleh material-material kayu dan bebatuan yang terbawa oleh arus banjir.


Menurut keterangan dari para warga, air mulai naik pada Sabtu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Dalam waktu satu jam, arus air semakin deras dan menyapu material-material tersebut, menyebabkan terjadinya penyumbatan di bawah jembatan belakang SMA Negeri 1 Sumbar dan akhirnya menyebabkan banjir.


Dalam menghadapi situasi ini, sebuah tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, OPD, organisasi kemasyarakatan, dan warga setempat telah melakukan kegiatan pembersihan sepanjang aliran sungai ini pada hari Minggu (12/5).


Pj Walikota, Sonny Budaya Putra, bersama Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Forkopimda, dan OPD, turut melakukan peninjauan langsung ke lokasi. Tim ini bekerja keras untuk membersihkan material-material tersebut satu per satu.


Hingga sore hari, tim masih terus berupaya membersihkan semua material yang menyumbat di Sungai Batang Jirek ini. Potongan-potongan kayu dan batu ditumpuk di satu tempat agar tidak mengganggu akses jalan.


"Pembersihan ini penting dilakukan agar aliran sungai tidak tersumbat dan menghindari terjadinya banjir seperti semalam. Dengan intensitas hujan yang masih tinggi, kita harus mengantisipasi potensi bahaya ini dengan membersihkan sungai," jelas Pj Wako Sonny.


Sementara itu, Mardiansyah berharap agar situasi segera pulih. Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah mereka kecuali jika benar-benar ada keperluan mendesak. "Karena cuaca masih buruk hingga sore ini, lebih baik kita tetap berada di rumah," ujarnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dandim 0307/TD, Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, SIP, M.Han, Wakapolres, Kompol Eridal, S.H, Kadis Sosial PPKBPPPA, PUPR, BPBD Kesbangpol, Pol PP Damkar, Kapolsek, Lurah Sigando, Lurah Ekor Lubuk, dan lainnya. (Syam)