Tips Mengatasi Retakan Dinding Rumah Tanpa Merusak Estetika -->

Iklan Atas

Tips Mengatasi Retakan Dinding Rumah Tanpa Merusak Estetika

Kamis, 16 Mei 2024

ilustrasi

Jakarta - Retakan yang muncul di dinding rumah sering kali menimbulkan kekhawatiran. Bagaimana cara mengatasinya tanpa merusak estetika rumah? Retakan dinding bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi tanda bahaya jika dibiarkan terus berkembang, bahkan hingga meruntuhkan tembok.


Penyebab retakan dinding bisa bermacam-macam, mulai dari hal sepele hingga yang serius dan berpotensi meruntuhkan tembok jika tidak ditangani dengan baik.


1. Bersihkan dinding

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan retakan dari kotoran dan debu dengan menggunakan kain yang telah dibasahi.


2. Amplas dinding

Setelah membersihkan, amplas bagian retakan hingga bagian acian dinding terlihat.


3. Isi retakan

Isilah retakan dengan wall-filler atau bahan pengisi retakan khusus yang tersedia di toko bangunan.


4. Beri plamir

Tambahkan plamir sebagai penguat semen ke dalam retakan yang telah diisi. Ini akan memperkuat dinding dan mencegah retakan semakin meluas.


5. Cat ulang

Setelah proses pengeringan, cat kembali dinding yang telah diperbaiki. Melakukan pengecatan ulang akan membuat dinding terlihat rapi dan kokoh seperti semula.


Dengan lima langkah tersebut, diharapkan retakan pada dinding dapat diatasi dengan baik tanpa mengganggu keindahan rumah.(des)