Warga Sawahlunto Patut Berbangga! SISSCa sudah Jadi Pusat Perhatian Kemenparekraf -->

Iklan Atas

Warga Sawahlunto Patut Berbangga! SISSCa sudah Jadi Pusat Perhatian Kemenparekraf

Selasa, 28 Mei 2024
Sekda Kota Sawahlunto Ambun Kadri saat membuka kegiatan workshop karnaval Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) tahun 2024. (foto anton


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto gelar workshop karnaval Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) tahun 2024 dengan tema "It's Time for Sawahlunto" bertempat di Khas Ombilin Hotel, Selasa (28/5/2024).


Sekda Kota Sawahlunto Ambun Kadri saat membuka kegiatan menyampaikan harapannya terkait iven SISSCa ini dapat berimprovisasi dengan KEN yang diadakan setiap tahunnya. 


"Dengan pengalaman ini, kita tidak puas begitu saja. Kita terus mengembangkan diri kita untuk lebih baik lagi dan lebih kreatif lagi," harapnya didampingi Kadis Parpora Sawahlunto Adri Yusman. 


Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Meldi Hidayah Marta menyebutkan iven SISSCa pada tahun 2024 kembali ditetapkan menjadi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.


"Berarti iven SISSCa ini sudah ditetapkan berturut-turut sebanyak lima kali sebagai KEN di Indonesia yang digawangi oleh Kementerian Parekraf. Tujuan dari kegiatan ini, tentunya dengan umur 10 tahun dari iven kita, kita ingin SISSCa ini kedepannya mempunyai nilai lebih lagi," ungkapnya dalam sambutan. 


Marta mengatakan bahwa iven SISSCa ini telah dilirik oleh daerah-daerah tetangga. Seperti halnya pada KEN kemarin, Sawahlunto diminta dan dipilih oleh Kementerian Parekraf untuk menghadirkan dan menampilkan kostum SISSCa. 


Pelaksanaan Festival Karisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada tanggal 27 Januari 2024 lalu, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dimana event Kota Sawahlunto yaitu Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) terpilih sebagai pengisi acara kategori Karnaval.


"Artinya, di Indonesia itu banyak daerah-daerah yang menggelar iven karnaval. Berarti iven SISSCa ini sudah menjadi pusat perhatian," sambungnya. 


Dalam kegiatan workshop karnaval SISSCa 2024 ini, Disparpora Sawahlunto menghadirkan sebanyak 60 peserta dari tim kreatif OPD, desa dan rumah-rumah kreatif yang ada di Kota Sawahlunto dengan narasumber Ivan Fhanany selaku Creative Director Jember Fashion Carnival (JFC), Costume Expert dan Fashion Designer. 


Selanjutnya, besok, Rabu (29/5/2024), kegiatan dilanjutkan dengan menghadirkan para perias atau yang lebih beken dengan istilah Make-up Artist (MUA) untuk diberikan pembekalan atas penyelenggaraan iven SISSCa 2024 pada 6 - 8 September 2024 mendatang di kota warisan dunia atau world heritage yang telah akui oleh UNESCO ini. (ton