Wisuda Ke- 81 Universitas Bung Hatta Hasilkan 57.990 Alumni -->

Iklan Atas

Wisuda Ke- 81 Universitas Bung Hatta Hasilkan 57.990 Alumni

Sabtu, 04 Mei 2024
.

Padang, fajarsumbar.com - Guna meningkatkan kualitas pendidikan cukup banyak capaian dari Universitas Bung Hatta dibidang Akademik.


Terbukti, awal tahun 2024, Universitas Bung Hatta dalam tata kelola Akademik berada pada ranking 176 Naional dari 592 Pergiruan Tinggi

Tak hanya itu, dari versi Webomatric Universitas Bung Hatta juga berada pada ranking 201 Nasional pada Januari 2024.

Hal tersebut, diungkapkan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Diana Kartika dalam sambutannya pada pelantikan wisudawan angkatan Ke- 81 gelombang  pertama di Gedung Bung Hatta Convention Hall Kampus 1 Universitas Bung Hatta Ulak Karang Padang, Sabtu (04/05/2024).

Ia menyebutkan, berdasarkan penilaian Uniranks, peringkat Universitas Bung Hatta juga berada pada posisi 135 secara Nasional dari 3252 Perguruan Tinggi.

Di Sumatera Barat, Universitas Bung Hatta menduduki peringkat ke-3 setelah Unand dan Unp. "Artinya Universitas Bung Hatta masih menduduki peringkat perguruan tinggi swasta terbaik dari seluruh perguruan tinggi di Sumatra Barat," jelas Prof.Diana.

Selain itu, Universitas Bung Hatta mendapat hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbudristek RI, dengan total hibah mencapai 4 M.

"Pada awal tahun 2024 ini, 2 prodi yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Teknik Kimia memenangkan Hibah PKKM senilai 1,2 M, sedangkan Prodi Teknik Elektro dalam proses negosiasi untuk mendapatkan Hibah PKKM Tahap 2," ujarnya

Dijelaskan, wisuda ke-81 Universitas Bung Hatta kali ini, salah satu prosesi wisuda yang istimewa, karena bersamaan dengan lahirnya Universitas Bung Hatta tahun 1981 dan bersamaan dengan rangkaian acara perayaan dies natalis ke-43 Universitas Bung Hatta Tahun 2024.

Atas nama pribadi dan Universitas Ia mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati agar dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif, baik bagi Universitas Bung Hatta maupun masyarakat dan bangsa.

Seiring dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025, Universitas Bung Hatta, memberikan kemudahan bagi orang tua calon mahasiswa baru, dengan pola 3 kali cicilan uang kuliah.

"Proses pendaftarannya dan persyaratannya pun sangat mudah, baik secara online maupun langsung ke tempat pendataran di Kampus 1 Ulak Karang," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Dr. Boy Yendra Tamin, S.H, M.H mengatakan, dari 832 wisudawan Universitas Bung Hatta Ke- 81, hanya sekitar 52 persen yang lolos dan mendapat sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Bung Hatta.

Sertifikasi profesi yang dimiliki mahasiswa, jelas Boy Yendra Tamin,
sangat penting untuk meningkatkan daya saing pada dunia kerja dan sebagai bukti tertulis bahwa seorang mahasiswa memiliki kompetensi dibidang tertentu.

Untuk itu mahasiswa, agar bisa mengikuti Uji Kompetensi di LSP Universitas Bung Hatta sebagai nilai tambah dalam memprebutkan pasar kerja.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Wisuda Suamperi,SH.,MH menjelaskan, wisudawan/ wisudawati yang dilantik Rektor gelombang pertama pada hari Sabtu (4/5/2024) berjumlah 405 orang, terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis 54 orang, Pascasrajana Magister Manajemen 10 orang, Fakultas Ilmu Budaya 19 orag, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  5 orang serta Magister PSP2K 7 orang, Fakultas Teknologi Industri sebanyak 109 orang, Fakultas Hukum 188 orang dan Magister Ilmu Hukum 19 orang.

Jelasnya, wisudawan gelombang kedua yang bakal dilantik Rektor pada hari Minggu, (5/5/2024), berjumlah 427 orang wisudawan dengan rincian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 241 orang, 6 orang dari program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Ekonomi149 orang, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta 31 orang dari Progran Magister Teknik Sipil.

Dari 832 orang wisudawan/wisudawati Universitas Bung Hatta tersebut dinyatakan sebagai lulusan terbaik tingkat Universitas, yakni dari Program Ahli Madya Ilham, lulusan Program Studi (prodi) Teknik Ekonomi Konstruksi dengan Indek Kamulatip (IPK) 3.50, Program Sarjana Marisa, dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3.97 dan Program Magister Yoga Karmizi dari prodi
Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,99.

Dengan widuda Ke- 81, maka secara keseluruhan Universitas Bung Hatta telah meluluskan alumni sebanyak 57.990
orang.

Pada prosesi wisuda Universitas Bung Hatta Ke- 81, tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Drs. BARLIUS, MM
dan perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.(*)