200 Ninik Mamak se-Tanah Datar Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas -->

Iklan Atas

200 Ninik Mamak se-Tanah Datar Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Kamis, 20 Juni 2024

Bupati Eka Putra foto bersama setelah membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas ninik mamak se Tanah Datar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka secara resmi pelatihan peningkatan kapasitas Ninik Mamak se Kabupaten Tanah Datar, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Kamis (20/6/24).


Dikesempatan itu, Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menaruh perhatian besar terhadap adat, budaya serta keagamaan di Luhak Nan Tuo ini.

 

"Kegiatan ini, salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap adat, budaya serta keagamaan. Dan, dirangkup ke Program Unggulan (Progul) yang tertuang di RPJMD 2021-2026, yakni peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan Organisasi Keagamaan," ujar Bupati.


Bupati menambahkan, bahwa pemahaman hingga pengamalan nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan budaya, merupakan salah satu isu dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar, yang perlu segera diatasi dan dicarikan solusinya.


"Kami berharap seluruh peserta mempergunakan kesempatan ini, dengan sebaik-baiknya, untuk mengkaji, menganalisa dan mendiskusikan serta melahirkan solusi-solusi yang kongkrit, dalam pemecahan permasalahan agama, adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat," harapnya.


Sementara itu, Ketua LKAAM Tanah Datar diwakili Muslianto Dt. Majo Datuk dalam laporannya mengatakan, pelatihan tersebut, sudah berjalan selama tahun yang dimulai dari tahun 2023.


"Sesuai dengan tema dari kegiatan ini, tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas Ninik Mamak. Ini sudah berjalan dari tahun 2023. Untuk tahun ini, diadakan kembali dengan peserta sebanyak 200 orang," ujarnya.


Ia menyebutkan, bahwa dikegiatan tersebut, akan dihadiri narasumber yang berkompeten dibidangnya. "Ada beberapa narsumber dihadirkan pada kegiatan ini. Beberapa diantaranya yakni, Ketua LKAAM Tanah Datar, Sekretaris LKAAM Tanah Datar dan sebagainya. Mudah-mudahan kegiatan ini, berjalan sesuai dengan harapkan," sebutnya.


Diakhir acara Bupati menyerahkan kendaraan operasional yang diterima langsung Ketua LKAAM Tanah Datar Aresno, Dt. Andomo. (F12)