Adu Prediksi Superkomputer dan AI untuk Euro 2024 -->

Iklan Atas

Adu Prediksi Superkomputer dan AI untuk Euro 2024

Minggu, 23 Juni 2024

Prediksi juara Euro 2024 menurut superkomputer dan AI menarik untuk diulas


Fajarsumbar.id - Euro 2024, kompetisi sepakbola antar negara Eropa, tengah menjadi sorotan. Sebanyak 24 tim terbaik bersaing untuk meraih gelar juara.


Para ilmuwan dan teknologi super canggih seperti superkomputer Opta memberikan prediksi yang sangat dinanti-nantikan. Opta terkenal dengan keakuratannya dalam memprediksi hasil turnamen sepakbola sebelumnya.


Analisis yang dilakukan oleh superkomputer Opta berdasarkan data-detail dari setiap tim, termasuk performa sebelum turnamen, performa individual pemain, serta riwayat pertandingan antar peserta. Berdasarkan simulasi hingga 100 kali, Opta memprediksi Timnas Inggris memiliki peluang besar, dengan 48,2% untuk mencapai semifinal, 31,1% ke final, dan 19,9% sebagai juara.


Sementara itu, AI dari perusahaan software Belgia, Luzmo, menggunakan program AI Octopus dan platform cloud mereka untuk melakukan simulasi jutaan kali. Menurut simulasi mereka, Timnas Prancis memiliki peluang 22% untuk menjadi juara Euro 2024.


Tidak ketinggalan, program AI Gemini juga menunjukkan hasil serupa dengan mengunggulkan Timnas Prancis. Namun, AI Chat GPT Plus memprediksi tuan rumah, Timnas Jerman, sebagai pemenang.


Adu perbandingan antara prediksi superkomputer Opta dan berbagai versi AI ini menjadi sorotan menarik dalam dunia prediksi olahraga. Menanti hasil akhir siapa yang benar dalam memprediksi juara Euro 2024.(BY)