Airbus Beluga, Pesawat Unik Mirip Paus yang Jadi Favorit Penggemar Pesawat -->

Iklan Atas

Airbus Beluga, Pesawat Unik Mirip Paus yang Jadi Favorit Penggemar Pesawat

Minggu, 02 Juni 2024

Airbus Beluga dijuluki sebagai salah satu pesawat teraneh di dunia. 


Jakarta - Pesawat Airbus Beluga telah menjadi ikon unik di dunia penerbangan. Kini, maskapai penerbangan khususnya, Airbus Beluga Transport, mengangkut kargo besar dari satu tempat ke tempat lain dengan pesawat yang mirip dengan ikan paus ini.


Pesawat ini menarik perhatian banyak penggemar pesawat karena bentuknya yang besar dan unik, mirip dengan moncong ikan paus. Dengan ukuran dan bentuknya yang mencolok, Beluga sering kali disamakan dengan ikan paus ketika terbang di langit biru.


Sejak hampir dua dekade lalu, pesawat ini telah mengangkut suku cadang pesawat Airbus dari berbagai pabrik di Eropa ke fasilitas perakitan akhir di Toulouse dan Hamburg.


Penggantian nama dari Super Transporter menjadi Beluga seiring dengan kemiripan bentuknya dengan paus, merupakan keputusan yang tepat oleh Airbus. Pembuatan pesawat Beluga pertama dimulai pada tahun 1994 dan mulai beroperasi pada tahun 1995.


Namun, perkembangan pesawat Beluga tidak berhenti di situ. Model terbaru, Beluga XL, telah meluncur dengan kemampuan yang lebih besar, mampu membawa dua sayap Airbus A350 di dalamnya. Namun, keunikannya memerlukan pelatihan khusus bagi para pilotnya, karena sensitif terhadap angin dan memiliki batasan terbang hingga 3.000 kilometer. (des)