All New Honda BeAT, Inovasi Tanpa Kick Starter dan Teknologi Baterai Canggih -->

Iklan Atas

All New Honda BeAT, Inovasi Tanpa Kick Starter dan Teknologi Baterai Canggih

Kamis, 06 Juni 2024

All New Honda BeAT tidak dilengkapi kick starter, ini alasannya.


Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis All New Honda BeAT dengan menghadirkan empat varian berbeda. Dari keempat varian tersebut, tiga di antaranya telah dihilangkan fitur kick starter atau biasa disebut engkol. Hanya varian BeAT tipe CBS, yang merupakan varian termurah, yang masih dilengkapi dengan kick starter.


Takuro Nakamura, Large Project Leader All New Honda BeAT, menjelaskan alasan di balik keputusan menghilangkan kick starter pada Honda BeAT terbaru. Menurutnya, AHM telah melakukan survei untuk mengetahui seberapa pentingnya kick starter bagi konsumen saat ini.


Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap kick starter sudah tidak lagi diperlukan untuk menghidupkan mesin motor. Oleh karena itu, Honda memutuskan untuk menghapus komponen tersebut dari BeAT versi terbaru.


"Kami memperhatikan kebutuhan konsumen, dan ternyata mayoritas konsumen saat ini lebih memilih motor tanpa kick starter," kata Nakamura di Cikarang, Jawa Barat, pada Senin (3/6/2024).


"Namun, untuk varian BeAT yang merupakan skutik entry level, kami tetap menyediakan pilihan dengan kick starter," tambahnya.


Nakamura juga menyebutkan bahwa generasi milenial dan Gen-Z, yang merupakan mayoritas konsumen motor saat ini, jarang menggunakan kick starter. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang membuat penggunaan listrik lebih efisien saat menghidupkan motor, sehingga daya tahan aki lebih lama.


Sementara itu, Thomas Wijaya, Executive Pesident Director PT AHM, menegaskan bahwa konsumen tidak perlu khawatir dengan hilangnya kick starter pada Honda BeAT terbaru. Pasalnya, pada panel meter sudah disematkan indikator baterai yang menunjukkan kondisi aki.


"Iya, benar. Kami telah menyediakan indikator baterai pada panel meter, sehingga konsumen dapat melihat apakah aki masih dalam kondisi baik atau perlu diganti. Konsumen tidak perlu khawatir dan akan merasa nyaman dengan fitur ini," ujar Thomas.


Penghapusan kick starter juga membuat All New Honda BeAT lebih ringan sekitar 1 kilogram dibandingkan model sebelumnya. Hal ini berdampak positif pada efisiensi bahan bakar, di mana motor ini dapat menempuh jarak 60 kilometer dengan hanya mengonsumsi 1 liter bahan bakar.


All New Honda BeAT hadir dalam empat varian, dengan harga mulai dari Rp18.430.000 untuk tipe CBS, Rp19.300.000 untuk Deluxe Standard, Rp19.830.000 untuk Deluxe Smart Key (varian tertinggi), dan Rp19.300.000 untuk BeAT Street. Seluruh harga tersebut sudah termasuk on the road (OTR) Jakarta.(BY)